Senin 22 November 2021, 17:33 WIB

Banjir Rendam Tanjung Paku, Puluhan Keluarga Mengungsi

Solmi | Nusantara
Banjir Rendam Tanjung Paku, Puluhan Keluarga Mengungsi

MI/Solmi Suhar.
Suasana jembatan kayu ambruk dan dihanyutkan arus luapan Sungai Pengabuan di Kecamatan Renah Mendaluh, Kabupaten Tanjungjabung Barat, Jambi.

 

TINGGINYA intensitas hujan semenjak beberapa hari terakhir ini menyebabkan Sungai Pengabuan meluap dan membanjiri permukiman warga beberapa kecamatan di Kabupaten Tanjungjabung Barat, Jambi. Sungai itu berhulu dari Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNTB) dekat perbatasan Jambi-Riau.

Setelah memutus jembatan kayu sepanjang 50 meter di Kecamatan Renah Mendaluh, luapan sungai terbesar kedua di Jambi itu kini merendam akses jalan, perkebunan, dan puluhan rumah warga di Kecamatan Merelung yang terletak di hilir sungai. Salah satu daerah di Merelung yang terparah dilanda banjir ialah Desa Tanjung Paku dekat bantaran Sungai Pengabuan. 

Sedikitnya 36 rumah warga dimasuki air dan memaksa penghuninya mengungsi ke daerah ketinggian dengan mendirikan tenda plastik seadanya. Menurut Kepala Desa Tanjung Paku Marwanto, ketinggian banjir di Tanjung Paku berkisar antara 70 cm sampai 100 cm. Di kediaman Marwanto, air sudah merendam dapur rumahnya.

Berdasarkan laporan dari pengurus rukun tetangga (RT), Marwanto menyebutkan jumlah warga paling terdampak dan terpaksa mengungsi ke tempat tenda darurat yang dibuat secara gotong royong sebanyak 36 keluarga. 

Baca juga: Rumah, Sawah, Kebun Sawit di Kabupaten Batu Bara Kebanjiran

"Banjir sudah terjadi semenjak beberapa hari belakangan. Belum ada tanda akan surut, apalagi melihat cuaca saat ini, yang berpotensi masih akan hujan. Akses jalan keluar masuk desa juga lumpuh karena terendam air. Saya sendiri mengungsi ke rumah orangtua yang berada di tempat aman," kata Marwanto. (OL-14)

Baca Juga

DOK.MI

Polisi Tetapkan Tiga Tersangka Kasus Angkutan BBM Ilegal Terbakar di Muba

👤Dwi Apriani 🕔Kamis 30 Juni 2022, 23:45 WIB
Ketiganya ditangkap Satreskrim Polres Muba secara terpisah di rumah...
Dok. Mutuagung Lestari

Perluas Jasa Uji Kualitas Lingkungan, Mutuagung Lestari Resmikan Laboratorium di Pontianak

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 22:41 WIB
Saat ini, PT Mutuagung Lestari memiliki lima cabang laboratorium lingkungan yang berada di Samarinda, Pekanbaru, Pangkalan Bun, Medan dan...
DOK MI.

Polda Jambi Tangkap Lima Pelaku Penyimpangan Distribusi BBM Subsidi

👤Solmi 🕔Kamis 30 Juni 2022, 22:30 WIB
Mereka ialah dua operator APMS Andi, 42, dan Kodri, 46, tiga pembeli penampung atas nama Zulfala, Jumino, dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya