Jumat 15 Oktober 2021, 10:45 WIB

Sumsel Kembangkan Lagi Paket Wisata Religi

Dwi Apriani | Nusantara
Sumsel Kembangkan Lagi Paket Wisata Religi

MI/Dwi Apriani
Pemprov Sumsel menggalakkan kembali wisata religi di wilayahnya.

 

POTENSI wisata religi di Sumatra Selatan cukup besar dan menarik. Namun dunia kepariwisataan di wilayah tersebut sangat berdampak pandemi covid-19. Karena itu sebagai upaya memulihkan kembali kondisi kepariwisataan di tengah pandemi, Pemerintah Provinsi Sumsel menggencarkan beragam hal baru.

Diantaranya mengembangkan kembali wisata religi di Sumsel, melalui rencana pembuatan paket wisata religi. Diketahui wisata religi yang cukup terpopuler yakni Alquran Akbar di Gandus dan Kampung Arab Almunawar.

"Provinsi ini memiliki banyak potensi wisata religi yang jika dikembangkan atau dikemas dengan baik bisa meningkatkan jumlah wisatawan nusantara dan mancanegara berkunjung ke daerah ini. Dan kami optimistis dengan adanya
rencana pengembangan paket wisata religi dapat memulihkan kepariwisataan di Sumsel setelah dampak pandemi," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, Aufa Syahrizal, kemarin (15/10).

Selain Alquran Akbar di Gandus dan Kampung Arab Almunawar, di Sumsel juga terdapat banyak wisata religi yang menarik. Seperti Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikramo, Kawah Tengkurep serta beberapa objek wisata makam dan masjid legendaris lainnya.

Kemudian, Bukit Seguntang merupakan salah satu kawasan pemujaan dan keagamaan Kerajaan Sriwijaya yang terdapat beberapa makam tokoh raja, bangsawan dan pahlawan Melayu-Sriwijaya.

"Tempat wisata tersebut, sebelum ada wabah Covid-19, setiap hari dikunjungi ratusan wisatawan dari berbagai daerah bahkan ada yang dari luar negeri," kata Aufa.

Dalam pengembangan paket wisata religi, pihaknya telah melakukan beberapa rangkaian kerja. Pihaknya telah merangkai paket wisata religi untuk kabupaten Ogan Ilir, kabupaten OKI dan Kota Pagaralam. Seterusnya, akan dirangkai paket untuk tiga daerah di kawasan Ogan Komering Ulu (OKU) Raya (OKU, OKU Timur, dan OKU Selatan).

"Paket wisata religi ini untuk mengenalkan wisata religi di Sumsel, Saat ini kami masih membahas wisata mana saja yang nanti akan bisa di masukan dalam paket," jelasnya.

Ia menyebutkan paket wisata ini nantinya akan ada untuk 17 Kabupaten Kota se-Sumsel. Pihaknya juga merangkul seluruh pelaku wisata dan agensi perjalanan seperti Asosiasi Travel Agent (ASITA), Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) dan Masyarakat Sadar Wisata (MASATA).

"Paket wisata religi ini dapat menciptakan alternatif baru dalam paket perjalanan di Sumatra Selatan selain wisata alam dan buatan," pungkasnya. (OL-13)

Baca Juga: Jembatan Lengkung Alalak Jadi Destinasi Wisata Dadakan Warga Banjarmasin

 

Baca Juga

dok.mi

Dunia Terbalik, Anak Korban KDRT Lapor Polisi di Sumut Malah Jadi Tersangka

👤Yoseph Pencawan 🕔Senin 18 Oktober 2021, 06:25 WIB
ANAK korban KDRT di Pematangsiantar,Sumut laporkan ayahnya ke polisi malah ditetapkan sebagai tersangkai, kebetulan terlapor yang juga...
MI/Gabriel Langga

36 Petani Milenial di Maros Terima Dana Hibah Pemkab

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 18 Oktober 2021, 05:00 WIB
Dana hibah itu disalurkan melalui Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services...
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas.

BPBD Aceh Barat Pastikan Kebakaran Lahan Gambut di Dua Lokasi 100 Persen Padam

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 17 Oktober 2021, 23:24 WIB
Meski sudah dinyatakan padam secara total, pihaknya masih terus melakukan pemantauan di lokasi kebakaran guna memastikan tidak ada lagi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencegah Proyek Kereta (jadi) Mubazir

Pembengkakan biaya menjadi biang keladi perlu turun tangannya negara membiayai proyek dengan dana APBN.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya