Kamis 03 November 2022, 07:20 WIB

Mahasiswa USK Juara 1 Khat Hiasan Mushaf di FSQ Nasional

Amir MR | Humaniora
Mahasiswa USK Juara 1 Khat Hiasan Mushaf di FSQ Nasional

MI/AMIRUDDIN ABDULLAH REUBEE
Raizil Alghifari, mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan USK memperlihatkan hasil karyanya.

 

RAIZIL ALGHIFARI berhasil meraih juara 1 pada perlombaan Festival Seni Quran Nasional (FSQN) cabang Khattil Quran; Hiasan Mushaf yang diselenggarakan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada 20 hingga 30 Oktober 2022. Itu menjadi prestasi membanggakan Mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan Universitas Syiah Kuala (EKP USK).

"Saya langsung tertarik dan mendaftarkan diri untuk mengikuti perlombaan ini setelah menerima informasi dari seorang teman yang berkuliah di Universitas Negeri Yogyakarta pada awal September lalu" kata Raizil, Rabu (2/11).

Dalam perlombaan ini, peserta diminta untuk mengirimkan video dengan durasi 5-10 menit yang mencakup pembuatan karya dari awal hingga selesai. Dikirimkan melalui google form yang telah dibagikan ke peserta melalui grup Whatsapp. Semua peserta Khattil Quran diwajibkan sudah mengirimkan video dan foto bersama karya sebelum tanggal 25 September 2022.

Pada cabang ini tidak diadakan babak penyisihan alias pengiriman karya bersifat final, yaitu hanya sekali dan akan langsung dinilai serta diumumkan pada acara penutupan. Raizil mengirimkan video pada beberapa hari sebelum batas akhir yaitu pada 25 September 2022.
Acara penutupan diadakan pada 30 Oktober 2022 melalui virtual zoom, yang juga ditayangkan di channel youtube Pena Haska.

Pada pukul 10:30 WIB, setelah acara penutupan selesai, pengumuman pun diumumkan. Raizil berhasil meraih juara 1 pada ajang nasional ini. Juara kedua diraih oleh UIN KH Abdurrahman Wahid, Pekalongan, diikuti oleh UIN Sunan Gunung Jati, Bandung.

"Alhamdulillah, saya sangat tidak menyangka dapat meraih juara 1 mengingat terdapat 56 total peserta di cabang yang saya ikuti ini. Ucapan terima kasih saya sebesar-besarnya kepada orang tua saya, para guru dan dosen, keluarga, dan teman² yang telah mendukung serta mendoakan. Thanks a lot to Universitas Syiah Kuala and Economic Development" tuturnya.

Raizil sendiri sebelumnya juga pernah mengikuti berbagai lomba kaligrafi mulai dari tingkat kabupaten hingga provinsi semasa SMP dan SMA, baik MTQ maupun lomba yang diadakan oleh sekolah lain atau universitas.

Ia juga telah berhasil meraih juara di beberapa lomba kaligrafi yang pernah diikutinya. Salah satunya adalah meraih juara 1 Khattil Qur'an cabang Dekorasi di MTQ Mahasiswa Nasional 2022, bulan Maret lalu. Adapun pada lomba FSQN ini merupakan lomba tingkat nasional kedua yang diikuti semasa menjadi mahasiswa.

Untuk diketahui, terdapat lima cabang perlombaan keseluruhan dalam ajang FSQN ini. USK mendaftarkan dua orang kandidat dalam cabang Khattil Qur'an cabang hiasan Mushaf. (OL-13)



 

 

Baca Juga

AFP

14.490 Rumah Rusak Akibat Gempa di Cianjur akan Direhabilitasi

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Kamis 01 Desember 2022, 13:26 WIB
Sebanyak 14.490 rumah yang terdata kerusakannya dan telah diverifikasi oleh BNPB akan dilakukan rekontruksi pascagempa Cianjur Jawa...
Antara

Jokowi Genjot Pembangunan Infrastruktur Digital untuk Tingkatkan Kualitas SDM

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 12:35 WIB
Menurutnya hal itu sebagai langkah yang tepat di tengah distrupsi digital yang melaju sangat cepat guna melahirkan SDM unggul dan berdaya...
dok.humas kemendes

Di HBT ke-72, Gus Halim : Transmigrasi Tidak Bisa Dilepaskan dari Spiritualitas

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 10:55 WIB
MENDES PDT Abdul Halim Iskandar menyatakan Program Transmigrasi tidak bisa dilepaskan dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya