Senin 18 April 2022, 04:10 WIB

Nyantri dan Belajar Kaligrafi

Jamaah/H-1 | Ramadan
Nyantri dan Belajar Kaligrafi

MI/Jamaah
Para santri mengikuti ngaji pasaran Ramadan di Pesantren Seni dan Kaligrafi Alquran Modern di Desa Undaan Lor, Kecamatan Undaan, Kudus.

 

MENGISI waktu di bulan suci Ramadan, puluhan santri dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti program pasaran Ramadan di Pesantren Seni dan Kaligrafi Alquran (PSKQ) Modern di Desa Undaan Lor, Kabupaten Kudus. Selain mempelajari ilmu agama, di pesantren ini mereka juga fokus mempelajari ilmu kaligrafi Alquran.

Untuk tahun ini lebih dari 40 santri dari berbagai daerah mengikuti program pasaran Ramadan selama 1-25 Ramadan dan mendapat materi mengaji, kaligrafi, dan asrama secara gratis.

"Santri saat ini sekitar 40, ada dari perwakilan kampus seperti, UIN Walisongo Semarang, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, ada perwakilan dari Magelang, dan selebihnya dari pesantren swasta ada dari Madura, Jambi, Riau, hingga Kalimantan juga datang di pasaran Ramadan," kata Muhammad Assiry, pengasuh PSKQ Modern kepada Media Indonesia.

Dalam mengikuti pasaran Ramadan, santri harus bisa memaksimalkan waktu istirahat. Pasalnya, dalam keseharian mereka melakukan kegiatan full mengaji, kaligrafi, melukis, dan belajar multimedia, hingga belajar entrepreneurship. Materi kaligrafi kurang lebih sebanyak 70%.

"Kegiatan di PSKQ Modern Kudus ini penggabungan antara seni kaligrafi, teknoprenuer, dan kajian keislaman. Kita kolaborasi sedemikian rupa untuk para santri," terang Assiry.

Selama program pasaran Ramadan sejak 2015 hingga sekarang hampir seribu santri menjadi lulusan PSKQ Modern. Selama pandemi covid-19, jumlah peserta mengaji sejak 3 tahun terakhir dibatasi sekitar 50 santri.

baik santri dari kalangan ekonomi lemah maupun berada dari daerah mana pun bisa mengikuti kegiatan ini karena selain gratis para santri dijamin mendapatkan banyak ilmu dan wawasan ilmu kesenian dan entrepreneurship hingga tuntas.

"Tujuan kami santri mandiri berdikari dan berdaya. Agar tidak merepotkan orang lain, syukur-syukur lulusan PSKQ Modern bisa menciptakan lapangan pekerjaan nantinya," harapnya.

Ihwan Suhadi, santri asal Jambi, mengaku ingin belajar seni kaligrafi di PSKQ Modern Kudus. Pasalnya, banyak lulusannya dan karya pengasuhnya sangat bagus.

"Saya memang mengidolakan ustaz Assiry. Saya kagum dengan karya-karya beliau yang ada dan bisa terjual hingga miliaran rupiah," ucap Ihwan.

Alasan lain memilih belajar kaligrafi karena dengan seni Alquran juga sekaligus melakukan syiar Agama Islam ke masyarakat luas.

Sementara itu, santri putri asal Bandung, Tarilisma Apriyanti menuturkan, jika sejak berada di pondok, ia sudah tertarik dengan ilmu kaligrafi. Baik menurut rekan maupun pengasuh pondok, ia dinilai memiliki bakat di bidang seni, untuk itu pengasuh pondoknya di Bandung merekomendasikan dirinya untuk menggali bakat mengikuti program pasaran Ramadan di PSKQ Modern Kudus.

Rencananya, dari program ngaji pasaran Ramadan akan dilakukan pameran serta demo kaligrafi kepada masyarakat di Kudus. Sementara itu, karya kaligrafi Muhamamd Assiry sudah dikenal oleh para pencinta kaligrafi di Tanah Air hingga mancanegara. (Jamaah/H-1)

Baca Juga

Antara/Yulius Satria Wijaya.

E-commerce yang paling Dicari Konsumen selama Ramadan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 16:00 WIB
Posisi itu diikuti Tokopedia 18% dan Lazada 4%. Situs belanja online lain yang juga disebut konsumen ialah Bukalapak, Blibli, dan...
Ist

Masyarakat Puas Kinerja dari Pemerintah dan Polisi Tangani Arus Mudik

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 15 Mei 2022, 21:22 WIB
Masyarakat merasakan puas atas kinerja dari Pemerintah Indonesia dan Polri terkait hal penanganan dan penyelenggaraan arus mudik Hari Raya...
DOK Pribadi.

Program Ramadhan Brand Berbagi Salurkan 1.000 Lebih Paket

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 09 Mei 2022, 21:50 WIB
Harapannya, seluruh donasi yang diberikan dapat menjadi berkah, tidak hanya bagi penerima, tetapi juga untuk perusahaan sebagai...

RENUNGAN RAMADAN

CAHAYA HATI


JADWAL IMSAKIYAH
Minggu, 29 Mei 2022 / Ramadan 1443 H
Wilayah Jakarta dan Sekitarnya
Imsyak : WIB
Subuh : WIB
Terbit : WIB
Dzuhur : WIB
Ashar : WIB
Maghrib : WIB
Isya : WIB

PERNIK RAMADAN