Selasa 28 September 2021, 19:32 WIB

Pemkab Klaten Antisipasi Klaster PTM Covid-19

Djoko Sardjono | Nusantara
Pemkab Klaten Antisipasi Klaster PTM Covid-19

MI/Djoko Sardjono
Bupati Sri Mulyani (Kiri) saat melakukan sidak pelaksanaan PTM di SMPN 6 Klaten.

 

BUPATI Klaten Sri Mulyani melakukan inspeksi mendadak (sidak) pelaksaanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas jenjang SD dan SMP di Klaten, Selasa (28/9). Ini langkah antisipasi menyusul adanya klaster PTM di Jawa Tengah.

Pelaksanaan PTM yang dipantau Bupati Sri Mulyani, yakni SDN 1, SDN 3, dan SMPN 6 Klaten. Turut mendampingi Kepala Dinas Pendidikan Klaten Wardani Sugiyanto. "Hari ini saya bersama Kepala Dinas Pendidikan melakukan sidak untuk melihat secara langsung bagaimana pelaksanaan PTM jenjang SD dan SMP di Klaten," jelasnya.

Sri Mulyani mengatakan pelaksanaan PTM baik di  SD maupun SMP berjalan lancar dan aman. Semuanya sudah sesuai protokol kesehatan.

"Sebelum masuk ruang kelas, para siswa terlebih dahulu menjalani skrining mulai dari cek suhu tubuh. Kemudian, cuci tangan pakai sabun di air mengalir," imbuhnya.

Tidak hanya siswa yang diskrining, para guru dan tenaga kependidikan juga diharuskan menerapkan protokol kesehatan, seperti cek suhu tubuh dan cuci tangan pakai sabun. Menurut Sri Mulyani, jumlah siswa yang mengikuti PTM tiap kelas dibatasi 50 persen. Jadi, seminggu tiga kali masuk sekolah. Jam belajar mulai pukul 07.00-10.15 WIB.

"Saya tegaskan kembali, bahwa PTM di Klaten sudah sesuai dengan protokol kesehatan. Para guru pun semua sehat. Sukses, semoga Klaten tidak muncul klaster PTM," ujarnya.

Kepala SMPN 6 Klaten, Eguh Setyo Surono, penerapan protokol kesehatan pada pelaksanaan PTM wajib hukumnya. Ini upaya antisipasi dan pencegahan klaster PTM.

"Untuk pencegahan, PTM dibatasi 50% dari jumlah siswa tiap kelas . Jumlah siswa SMPN 6 Klaten ada 795 siswa. Selama PTM, siswa diantar dan dijemput orangtua," jelasnya. (OL-15)

Baca Juga

Ilustrasi

Kajati Kalbar Ancam Tindak Tegas Penyalahgunaan Anggaran Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 18 Oktober 2021, 13:18 WIB
‘’Kami ingatkan jangan sampai main-main dalam pengelolaan keuangan negara ini, siapa pun yang menyalahgunakannya, akan kami...
MI/Adi Kristiadi

Mesin ATM di Dalam Indomaret Dibobol Pencuri di Tasikmalaya

👤Adi Kristiadi 🕔Senin 18 Oktober 2021, 12:50 WIB
KAWANAN  pencuri sukses membobol mesin ATM  yang berada di dalam minimarket Indomaret, di Kota Tasimalaya, Senin...
dok.mi

Direktur Indomaret Meninggal dalam Kecelakaan di Tol Cipularang

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 18 Oktober 2021, 12:20 WIB
DIREKTUR PT Indomarco Prismatama, pengelola jaringan minimarket Indomaret, Yan Bastian (62) meninggal dalam kecelakaan di Tol Cipularang,...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencegah Proyek Kereta (jadi) Mubazir

Pembengkakan biaya menjadi biang keladi perlu turun tangannya negara membiayai proyek dengan dana APBN.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya