Jumat 24 September 2021, 07:50 WIB

Gembira Loka Dibuka untuk Umum Khusus Akhir Pekan Saja

Agus Utantoro | Nusantara
Gembira Loka Dibuka untuk Umum Khusus Akhir Pekan Saja

Ant/Hendra Nurdiyansyah
Wisatawan mengunjungi kawasan Gembira Loka Zoo di Umbulharjo, Yogyakarta, Kamis (16/9/2021)

 

MERASA berat dengan beban biaya operasional yang harus ditanggung selama masa uji coba pembukaan destinasi wisata, Kebun Binatang Gembira Loka atau Gembira Loka Zoo (GLZoo) Yogyakarta,  memilih hanya menerima kunjungan wisata pada hari Sabtu dan Minggu.

"Jadi mulai Senin pekan depan GL Zoo tidak buka penuh, tapi hanya buka dua kali dalam seminggu, Sabtu dan Minggu saja. Ini untuk mengurangi beban operasional yang kami tanggung,"  kata Direktur Utama GL Zoo KMT A. Tirtodiprojo, Jumat (24/9).

Ia menjelaskan keputusan itu diambil setelah melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan 10 hari uji coba, pembukaan di kebun binatang yang dikelolanya itu.

Sebelumnya disebutkan  GL Zoo merupakan salah satu dari 20 destinasi wisata di DIY yang boleh melakukan uji coba pembukaan destinasi. Uji coba bersama dua tempat wisata lain di DIY,  terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 sejak 13 September lalu.

Larangan Bawa Anak Kecil

 

Direktur Utama GL Zoo KMT A. Tirtodiprojo menjelaskan, dalam uji coba yang telah berlangsung selama 10 hari itu, rata-rata jumlah pengunjung yang dapat masuk tidak sampai 70 orang per hari.

Penyebabnya, ujarnya, anak usia di bawah 12 tahun tidak diizinkan masuk dengan alasan belum mendapatkan vaksin, sebagian lainnya tidak lolos aplikasi PeduliLindungi. Mereka yang tidak lolos aplikasi PeduliLindungi, katanya, jumlahnya bisa mencapai 5 atau 6 kali dari jumlah yang lolos.

"Kalau yang bisa masuk hari itu 30 orang, berarti yang ditolak sekitar 200-an orang," katanya.

Kangjeng Mas Tumenggung A Tirtodiprojo atau yang akrab disapa Pak Joko ini mengemukakan, GLZoo merupakan tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh keluarga yang kebanyakan membawa anak-anak termasuk yang di bawah 12 tahun. Karena anak di bawah 12 tahun tidak diizinkan masuk, maka orang tua pun tidak akan masuk sendirian meninggalkan anak-anaknya.

Namun, Joko juga mengakui  pentingnya peraturan pemerintah yang mewajibkan wisatawan lolos aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat masuk selama masa uji coba pembukaan destinasi wisata tersebut. Karena kalau tidak diterapkan, ujarnya, pengunjung dari luar kota akan berbondong-bondong menuju objek wisata, dan akan menimbulkan  kerumunan.

"Jadi, kami bukan memprotes kebijakan itu. Kami tetap mendukung kebijakan pemerintah," jelas Joko.

Selama buka saat weekend bagi wisatawan nantinya, pada pagi mulai jam 06.00 WIB. Jam buka pagi, ujarnya dapat menjadi kesempatan bagi warga yang ingin olah raga di lingkungan objek wisata termasuk jogging dan bersepeda.

Berkait dengan anak usia di bawah 12 tahun yang tidak boleh masuk destinasi wisata, kata Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo menyatakan, jika hal itu sempat dibicarakan di Kemenparekraf.

"Masukan itu akan jadi bahan pertimbangan. Sekarangkan sudah dimulai dari mal, anak usia di bawah usia 12 tahun boleh ke mal dengan syarat orangtua yang mendampingi harus sudah disekrining," jelas dia. (OL-13)

Baca Juga: Warga Dukung Penghentian PETI di Bolaang Mongondow

Baca Juga

ANTARA

Babel Larang Masuk Sapi Potong Asal Jatim Dan Aceh

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Jumat 20 Mei 2022, 21:40 WIB
Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) untuk sementara melarang masuknya sapi potong asal Aceh dan Jawa Timur...
MI/Pius Erlangga.

Bos PT Rukun Raharja Disebut di Sidang Korupsi, Kejagung Lakukan Pendalaman

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 20 Mei 2022, 21:32 WIB
Salah satu terdakwa perkara dugaan korupsi jual beli gas PDPDE Sumsel menyatakan adanya kejanggalan serta terkesan tebang pilih...
MI/AHMAD SAFUAN

Anggota DPRD Diduga Terima Anggaran Ganda

👤Haryanto 🕔Jumat 20 Mei 2022, 21:20 WIB
Anggaran dobel itu diduga diterima dalam bentuk dana reses dan dana...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya