Senin 20 September 2021, 18:54 WIB

Cakupan Vaksinasi Covid-19 Di Pakpak Bharat Tertinggi Se-Sumut

Yoseph Pencawan | Nusantara
Cakupan Vaksinasi Covid-19 Di Pakpak Bharat Tertinggi Se-Sumut

DOK MI
Ilustrasi

 

KABUPATEN Pakpak Bharat menjadi daerah dengan realisasi vaksinasi Covid-19 tertinggi dari 32 kabupaten dan kota di Sumatra Utara. Saat ini, cakupan vaksinasi Covid-19 di Pakpak Bharat mencapai angka 83%.

Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor mengatakan Pemkab telah mendapat apresiasi dari Presiden Joko Widodo atas kinerja vaksinasi yang dilaksanakan. "Apresiasi itu disampaikan Presiden saat rapat bersama Forkopimda serta Bupati dan Wali Kota se-Sumut di Medan pada  Kamis lalu," ujarnya, Senin (20/9).

Bupati Franc Bernhard menceritakan, apresiasi itu disampaikan Presiden setelah mengecek angka capaian vaksinasi Sumut. Kepada Presiden, Franc menjelaskan bahwa sejauh ini daerahnya memiliki kinerja vaksinasi hingga 83%. Capai itu berkat kerja keras berbagai pihak, mulai dari Pemkab, Forkopimda, TNI dan Polri, serta tenaga kesehatan sebagai garda terdepan di lapangan.

"Apresiasi dari Presiden menjadi motivasi bagi kami untuk meningkatkan pelayanan vaksinasi Covid-19 sehingga seluruh warga Pakpak Bharat bisa mendapatkan vaksin, mulai dari yang usia 12 hingga dewasa," tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan, capaian ini sebenarnya merupakan kali kedua yang diperoleh Pakpak Bharat. Sebelum ini, daerahnya juga mencapai peringkat pertama berdasarkan data yang dirilis Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut.

Hal itu karena sampai dengan 13 Agustus 2021, vaksinasi dosis pertama di Pakpak Bharat tercatat mencapai 59,74%  dan dosis kedua 41,99%.

Bupati Franc mengatakan dirinya kini mendorong segenap unsur dan lapisan masyarakatnya menuntaskan vaksinasi untuk usia 12-17 tahun. Terutama untuk mempercepat pencapaian herd immunity atau kekebalan kelompok, khususnya di kalangan pelajar SMP dan SMA di daerahnya, sehingga pembelajaran tatap muka bisa secepat dilaksanakan kembali.

Agar mempermudah masyarakat mendapatkan vaksin dosis pertama dan kedua, lanjut Franc, Pemkab Pakpak Bharat telah membentuk posko pelayanan terpadu vaksinasi Covid-19. Posko itu berada di Gedung Seba Guna Salak, tepatnya di depan Rumah Dinas Bupati dan dibuka setiap hari kerja, pukul 09.00 -15.00 WIB. (OL-15)

Baca Juga

MI/Lilik Darmawan

Diskon Bertabur dan Tranparan Alasan Transaksi Digital Disukai di Banyumas

👤Lilik Darmawan 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 11:00 WIB
MENBAYAR dengan aplikasi digital bisa dapat diskon,transparan dan anti uang...
ANTARA/Dedhez Anggara

Klaten Kembangkan Habitat Alami Burung Hantu Sebagai Predator Tikus

👤Djoko Sardjono 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 10:30 WIB
Keberadaan burung hantu sebagai predator alami sangat diperlukan, khususnya di daerah pertanian seperti di...
dok.humas unhas

Ini Syarat Mahasiswa UNHAS yang Bisa PTM di Kampusnya

👤Lina Herlina 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 10:05 WIB
PTM di UNHAS diprioritaskan untuk angkatan 2020 dan 2021 yang berdomisili di Makassar dan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya