Sabtu 18 September 2021, 17:01 WIB

Capaian Vaksinasi Dosis Pertama di Sidoarjo Kurang dari 50%

Heri Susetyo | Nusantara
Capaian Vaksinasi Dosis Pertama di Sidoarjo Kurang dari 50%

Antara
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin covid-19 kepada ibu hamil di RSUD Sidoarjo.

 

MESKI sudah dilakukan upaya percepatan, namun capaian vaksinasi covid-19 dosis pertama di Kabupaten Sidoarjo masih sekitar 46,55%. Lalu, vaksinasi covid-19 dosis kedua baru mencapai 23%.

Akibat capaian vaksinasi yang relatif rendah, wilayah Sidoarjo masuk dalam level 3 berdasarkan asesmen Kementerian Dalam Negeri. Padahal, menurut asesmen Kementerian Kesehatan, Sidoarjo sudah berada di level 1.

"Alhamdulillah perkembangan kita (penanganan covid-19) cukup membanggakan. Namun, ada aturan baru dari Menteri Dalam Negeri," ujar Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor, Sabtu (18/9).

Baca juga: Penyelewengan Booster Vaksin Masih Marak, Terbanyak di Jawa Timur
 
Muhdlor menilai aturan baru Menteri Dalam Negeri meliputi ketentuan capaian vaksinasi 50% untuk bisa ke level 1. Setiap daerah diberi waktu hingga akhir September untuk bisa menurunkan level.
 
"Saya optimistis bisa mencapai 50%, karena stok vaksin banyak," pungkasnya.

Selain berupaya mencapai vaksinasi dosis pertama, Pemkab Sidoarjo kembali menggencarkan vaksin untuk kalangan lanjut usia (lansia). Pasalnya, aturan baru Menteri Dalam Negeri juga menekankan vaksinasi covid-19 bagi kaum lansia.

Baca juga: Polisi Sampaikan Pesan Prokes dan Bagi Masker Saat Operasi Yustisi

Muhdlor mengaku sudah membentuk tim untuk pelaksanaan vaksinasi ke desa dengan target kalangan lansia. Apalagi, banyak lansia yang kesulitan mendatangi lokasi vaksinasi covid-19 massal.

"Kita optimis capaian vaksinasi seperti yang disyaratkan Menteri Dalam Negeri, bisa tercapai dua atau tiga hari ke depan,"  imbuh Muhdlor.

Adapun jumlah warga Sidoarjo yang ditargetkan untuk divaksin covid-19 sekitar 1,6 juta orang. Sementara itu, vaksin yang sudah disuntikkan untuk dosis pertama dan kedua baru mencapai 1,2 juta orang.(OL-11) 
 

 

Baca Juga

ANTARA/Umarul Faruq

PVMBG: Aktivitas Vulkanik Gunung Semeru Cenderung Mereda

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 05 Desember 2022, 23:57 WIB
PVMBG mengambil langkah mitigasi dengan menaikkan status Gunung Semeru dari sebelumnya Level III atau Siaga menjadi Level II atau...
dok.ist

GMC Sumsel Gelar Gerakan Milenial Cinta Lingkungan

👤Dwi Apriani 🕔Senin 05 Desember 2022, 23:10 WIB
Ganjar Milenial Center (GMC) memperkuat program gotong royong untuk konsolidasi dukungan bagi Ganjar Pranowo Presiden...
DOK.MI

Polisi Tahan WN AS Pelaku Kekerasan Seksual di Vila Canggu

👤Arnoldus Dhae 🕔Senin 05 Desember 2022, 23:00 WIB
Bule asal California, Amerika Serikat, JPA Jr, 38, diduga melakukan kekerasan seksual terhadap warga negara Filipina BJCB,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya