Kamis 16 September 2021, 18:03 WIB

Palembang Targetkan Akhir September Seluruh Sekolah Jalani PTM Terbatas

Dwi Apriani | Nusantara
Palembang Targetkan Akhir September Seluruh Sekolah Jalani PTM Terbatas

ANTARA/Feny Selly
Pembelajaran tatap muka di sebuah sekolah di Kota Palembang, Sumsel.

 

PEMERINTAH Kota Palembang, Sumsel menargetkan pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di semua sekolah yang ada akan dibuka akhir September ini. Hal itu diyakini karena kondisi Covid-19 sudah cukup landai dan seluruh sekolah sudah mempersiapkan protokol kesehatan ketat.

"Kita optimis hingga akhir September ini semua sekolah akan buka," kata Harnojoyo, Walikota Palembang, Kamis (16/9).

Dikatakannya, dalam belajar tatap muka terbatas di Kota Palembang ini sudah memasuki pekan kedua dan sejauh ini berjalan dengan baik. Hampir tak ada masalah. Siswa di dalam kelas 50 persen tapi mengikuti prokes dengan baik.

"Kita melihat kondisi saat ini, anak-anak memang lebih senang belajar di sekolah di bandingkan di rumah," ujarnya.

Ia mengaku sempat berdialog langsung dengan siswa tentang keuntungan belajar tatap muka. Seluruh siswa menjawab lebih mengerti belajar di sekolah dibandingkan di rumah karena lebih paham diajarkan langsung oleh guru. "Kita juga senang karena mereka bisa menerima pelajaran juga dengan baik," terangnya

Harnojoyo mengungkapkan berdasar hasil evaluasi kegiatan belajar dan mengajar (KBM) secara tatap muka sejak 6 September lalu disebut efektif. Karena beberapa sekolah telah tertib menerapkan pembelajaran shift masuk sekolah. Tiap kelas dilakukan bergilir per minggu dengan dua kali pertemuan dan waktu belajar hanya 2 jam.

"Dari sekolah yang sudah terpantau sepanjang dua minggu ini PTM di Palembang berjalan lancar dan SMP sudah hampir 100 persen buka," kata dia.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan (Disdik) Palembang, sudah ada 54 sekolah tingkat menengah pertama negeri yang direkomendasikan melaksanakan KBM tatap muka. Sedangkan untuk sekolah tingkat dasar sebanyak 100 instansi termasuk sekolah swasta. "Untuk TK dan PAUD baru 40 persen yang buka dan SD dari total baru 60 persen," pungkasnya. (OL-15)

Baca Juga

dok pribadi

Siskaeee Pintar Ngaji dan Cerdas Sejak Kecil

👤RO/Micom 🕔Kamis 09 Desember 2021, 00:20 WIB
Hidup Siskaeee pahit karena yatim...
Dok. Sahabat Ganjar

Bantu Pengungsi Erupsi Gunung Semeru, Sahabat Ganjar Dirikan Dapur Umum 

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 09 Desember 2021, 00:17 WIB
Posko Dapur Umum didirikan di Dusun Candipuro Kerajan, Kecamatan Candipuro. Sejumlah relawan memasak sejak malam hari untuk membuat nasi...
Dok. Sahabat Ganjar

Sahabat Ganjar Bali Berikan Donasi ke Penyintas Kanker dan Penyandang Disabilitas 

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 09 Desember 2021, 00:14 WIB
"Bantuan diharapkan dapat bermanfaat untuk rumah singgah Tapasya Stroke Center. Semoga para penderita di sini bisa sembuh seperti...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya