Senin 13 September 2021, 15:50 WIB

BIN Gelar Vaksinasi Sasar 6.000 Pelajar di Kota Tasikmalaya

Kristiadi | Nusantara
BIN Gelar Vaksinasi Sasar 6.000 Pelajar di Kota Tasikmalaya

MI/Kristiadi
Siswa takut jarum suntik sedang diupayakan untuk disuntik tenaga kesehatan.

 

PEMERINTAH menggelar deklarasi vaksinasi bagi pelajar secara serentak se-Indonesia yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo secara virtual. Pelaksanaan vaksinasi terhadap pelajar di Kota Tasikmalaya terpusat di SMAN 1 Tasikmalaya, Jawa Barat, dengan sasaran target 6.000 peserta.

Kegiatan vaksinasi terhadap pelajar ini dilaksanakan oleh Badan Intelijen Negara (BIN) dengan target pelajar SMAN 1, SMAN 5, SMAN 9, SMA dan SMK Muhammadiyah, SMA Pasundan 1, MA, NU dan SMK Periwatas secara massal dan menerapkan protokol kesehatan. Saat vaksinasi, ada beberapa siswa yang harus menjalani perawatan di ruang Mini ICU karena lemas, pusing setelah divaksin dan ada seorang siswa yang takut jarum suntik.

Kepala BIN Jabar (Kabinda Jabar) Brigjen TNI Dedy Agus Purwanto mengatakan, kegiatan vaksinasi yang dilakukan di Kota Tasikmalaya akan terus dilakukan sampai akhir tahun 2021 untuk mencapai 70% kekebalan komunal atau herd immunity. Karena, vaksinasi yang menyasar 6.000 pelajar ini juga dilaksanakan secara door to door.

"Kegiatan vaksinasi terhadap pelajar SMP dan SMA di Kota Tasikmalaya sekarang sasaran target 6.000 orang termasuk masyarakat akan dilakukannya secara door to door yang mana mereka masih ragu-ragu melaksanakan vaksin dan pelaksanaan akan terus dilakukan sesuai jadwal. Karena, pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan sekarang ini berada di SMPN 3 dan pondok pesantren Bahrul Ulum," katanya, Senin (13/9/2021).

Ia mengatakan, kegiatan vaksinasi Covid-19 yang dilakukan secara door to door selama ini akan mendatangi rumah ke rumah terutama warga yang masih ragu melakukan vaksin dan sekarang masih fokus terhadap pelajar lebih dahulu guna capaian di Kota Tasikmalaya pada akhir bulan Desember 2021 tercapai 70%. Namun, pelaksanan vaksinasi sendiri akan terus dilakukan dengan sasaran target 6.000 pelajar.

Wali Kota Tasikmalaya, Muhammad Yusuf mengatakan, vaksinasi yang dilakukan bagi pelajar SMA sekarang terpusat di SMAN 1 dan penyebaran Covid-19 sampai sekarang masih dirasakan oleh masyarakat dan untuk kegiatan sendiri merupakan salah satu cara terbaik untuk melindungi mereka dari virus. Karena, seorang yang telah mendapat vaksin Covid-19 dapat melindungi orang di sekitar terutama kelompok yang sangat berisiko seperti lansia dan anak-anak. 

"Kegiatan vaksinasi yang dilakukan terhadap pelajar SMP, SMA dan SMK untuk mendorong terbentuknya kekebalan kelompok atau herd immunity," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya telah memberikan informasi secara virtual kepada Presiden Jokowi bahwa pandemi Covid-19 di wilayah Kota Tasikmalaya telah terkendali, Ini dibuktikan dengan melandainya kasus terkonfirmasi positif dan sekarang kasus terkonfirmasi positif Covid-19 tercatat 14.564 kasus di antaranya 13.908 orang sembuh (95,71%), 91 orang masih menjalani perawatan (0,62%), 535 orang meninggal dunia (3,62%). (AD/OL-10)

Baca Juga

 ANTARA FOTO/Indrayadi TH

Nakes Gugur, Layanan Kesehatan di Pegunungan Bintang Lumpuh

👤Marcel Kelen 🕔Jumat 17 September 2021, 13:58 WIB
Suster Gabriela Meilani tewas ditembak oleh KKB di Pegunugan Bintang, Papua sementara rekan sesama nakes masih belum diketahui...
Ist

 Serbuan Vaksinasi Covid-19 Dilaksanakan di Cilacap, Jawa tengah

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 17 September 2021, 13:35 WIB
Para pemuka agama atau ulama, santri, dan juga warga setempat antusias mengikuti kegiatan Serbuan Vaksinasi dengan target 1.500...
Dok Ujang

MUI Jabar Tolak Provokasi Dukung Taliban

👤Siswantini Suryandari 🕔Jumat 17 September 2021, 13:24 WIB
Sekretaris Majelis Ulama Indonesia Jabar, H Rafani Akhyar menyatakan pemasangan spanduk provokasi dukung Taliban tidak...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Siap Bawa Pulang Piala Sudirman

 Terdapat empat pemain muda yang diharapkan mampu membuat kejutan di Finlandia.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya