Rabu 11 Agustus 2021, 09:07 WIB

Kota Tasikmalaya Siapkan KBM Tatap Muka

Adi Kristiadi | Nusantara
Kota Tasikmalaya Siapkan KBM Tatap Muka

Antara
Simulasi kegiatan belajar mengajar tatap muka di sekolah.

 

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Tasikmalaya, Jawa Barat mulai mempersiapkan berbagai metode protokol kesehatan (prokes) untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM). Hal ini terkait turunnya status PPKM di Kota Tasikmalaya ke Level 3.

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tasikmalaya, Muhammad Yusuf mengatakan, pelaksanaan kegiatan PTM di daerahnya sudah diperbolehkan. Namun, kapasitasnya hanya boleh 50 persen dan dilakukan bergiliran. Kapan waktunya nanti diatur Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya.
 
"Sistem PTM di sekolah sedang dibahas, nanti Dinas Pendidikan akan menentukan pelaksanaannya," kata Yusuf, Rabu (11/8).

Kegiatan belajar mengajar di dalam kelas, jelas Yusuf, sudah hampir dua tahun tidak bisa dilaksanakan lantaran pandemi Covid-19. Hal ini membuat orang tua kewalahan dalam mendidik anak-anak saat diberlakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau belajar daring. Orang tua juga bisa merasakan beratnya mengajari anak sehingga akan lebih menghargai guru di sekolah.

"PJJ atau belajar daring, khususnya bagi siswa baru memang belum optimal. Banyak siswa yang belum paham materi pembelajaran, sementara tidak semua orang tua mampu menjelaskannya. Kami sedang mempersiapkan agar PTM bisa berjalan, dengan catatan penerapan prokes harus disiplin," ujar dia.

Pelaksanaan PTM di sekolah, jelas Yusuf, harus menyesuaikan prokes mencegah penyebaran virus korona. Bisa juga dilakukannya dengan sistem giliran atau shift. Arahan dan aturan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 harus menjadi acuan sekolah, seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan agar tak terjadi klaster baru.

"Pemerintah daerah segera melaksanakan KBM tatap muka di sekolah, namun partisipasi orang tua dan lingkungan dalam menegakkan prokes harus ada. Jangan sampai timbul klaster baru penyebaran covid," tegasnya. (OL-13)

Baca Juga: Taliban Tegaskan Komitmen Pada Negosiasi Doha

 

Baca Juga

dok.humas pemprov

Atasi Kredit Macet, Bank Jateng Libatkan KPK

👤Haryanto 🕔Jumat 28 Januari 2022, 16:26 WIB
BANK Jateng menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menagih kredit macet dari para debitur nakal. Hasilnya, para debitur kini mulai...
MI/Djoko Sardjono

Kasus Aktif Covid-19 di Klaten Bertambah Lagi

👤Djoko Sardjono 🕔Jumat 28 Januari 2022, 16:20 WIB
KASUS aktif covid-19 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, terus naik. Karena itu, masyarakat diminta untuk meningkatkan kewaspadaan dan...
dok.humas

Satlantas Mimika Pakai Truk Kontainer Layani SIM Keliling

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 16:15 WIB
SATLANTAS Polres Mimika melakukan pelayanan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) Keliling di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika....

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya