Selasa 03 Agustus 2021, 15:11 WIB

Vaksin Covid-19 Kosong, Surabaya Tunggu Pusat

Faishol Taselan | Nusantara
Vaksin Covid-19 Kosong, Surabaya Tunggu Pusat

Antara/Didik Suhartono.
Petugas kesehatan melakukan vaksinasi covid-19 kepada warga di Sentra Vaksinasi di Gedung Kencana, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (30/7).

 

KETERSEDIAAN vaksin di Surabaya, Jawa Timur, dalam beberapa hari ini di seluruh Puskesmas dalam kondisi kosong. Padahal sebagian besar warga sudah mendapat undangan untuk vaksinasi tahap pertama dan kedua.

Kondisi itu berakibat antrean di sejumlah puskesmas di Surabaya. Mereka ingin mengikuti vaksinasi, tetapi terpaksa harus kembali karena ketersediaan vaksin kosong.

"Saat ini ketersediaan vaksin Sinovac di Kota Surabaya memang sudah kosong. Pihaknya masih menunggu kedatangan vaksin dari pemerintah pusat," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya Febria Rachmanita di Surabaya, kemarin.

Meski begitu, Kadinkes mengimbau kepada masyarakat agar tidak khawatir terkait belum pastinya jadwal pelaksanaan vaksinasi dosis kedua untuk Sinovac. Ia memastikan bahwa Pemkot Surabaya akan segera menggelar kembali vaksinasi dosis kedua apabila kiriman vaksin dari pemerintah pusat sudah diterima.

"Semua pasti vaksin, jadi jangan khawatir. Tidak apa-apa (rentangnya panjang). Nanti kalau sudah datang (vaksin Sinovac) itu pasti vaksin," ujarnya.

Di samping itu, untuk pelaksanaan vaksinasi dosis kedua AstraZeneca (AZ) juga masih menunggu ketersediaan vaksin di Puskesmas. Sebab, ketersediaan vaksin AZ saat ini masih belum mencukupi untuk pelaksanaan vaksinasi dosis kedua. "Stok vaksin AstraZeneca masih belum mencukupi untuk pelaksanaan vaksinasi dosis kedua," terangnya.

Ia menjelaskan, pekan lalu Pemkot Surabaya telah menerima pasokan vaksin jenis Moderna. Rencananya, vaksin tersebut akan diberikan mulai pekan ini untuk tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas, baik di puskesmas maupun rumah sakit. "Kami masih melakukan pendataan," ungkapnya.

Baca juga: Stok Vaksin Kosong, Kabupaten Seluma Hentikan Vaksinasi Covid-19

Hingga saat ini, sekitar 1,5 juta warga yang sudah menerima dosis pertama. Sedangkan, sekitar 790 ribu warga sudah menerima vaksin dosis kedua. Adapun total warga yang menjadi sasaran vaksinasi di Surabaya berkisar 2,8 juta jiwa. "Yang sudah divaksinasi dosis satu itu sekitar 1,5 juta," ujarnya. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA/Candra Yanuarsyah

Kemenkop UKM Nilai Garut Bisa Jadi Sentra Kulit yang Mendunia

👤Despian Nurhidayat 🕔Senin 17 Januari 2022, 10:17 WIB
"Semoga ke depan sentra Garut ini bisa jadi Firenze-nya Indonesia. Saya melihat Garut punya potensi besar sebagai sentra kulit untuk...
Medcom

Sukabumi dan Sekitarnya Diguncang Gempa Magnitudo 5,4

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 17 Januari 2022, 09:40 WIB
Gempa tersebut merupakan gempa dangkal akibat adanya deformasi di zona...
ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev

Jokowi Kunjungan Kerja ke Jawa Barat

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 17 Januari 2022, 09:26 WIB
Jokowi akan menghadiri Dies Natalis ke-67 Unpar dan meninjau dua proyek pembangunan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya