Jumat 30 Juli 2021, 11:20 WIB

Pemprov DIY Siapkan Rp50 juta/Kelurahan untuk Tangani Covid-19

Ardi T Hardi | Nusantara
Pemprov DIY Siapkan Rp50 juta/Kelurahan untuk Tangani Covid-19

MI/Agus Utantoro
Gubernur DIY Sri Sultan HB X.

 

REALISASI anggaran APBD untuk penanganan Covid-19 di DIY mencapai 43 persen. Pemda DIY pun berencana menambah anggaran penanganan Covid-29 dari Dana Keistimewaan (Danais) lewat kelurahan dan kalurahan.

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X menyatakan, pihaknya saat ini masih melakukan refocusing untuk penggunaan Danais. "Kita sedang mendesain (Danais untuk) menangani Covid-19. Setiap kelurahan kira-kira Rp50 juta ya," terang Sri Sultan, Kemarin.

Oleh sebab itu, Sri Sultan pun meminta kepada kelurahan dan kalurahan agar bisa mempertanggungjawabkan penggunaannya saat dikucurkan. Ia berharap, tidak ada tumpang tindih antara Danais, APBDes, dan Dana Desa.

"Saya minta, Rp50 juta itu untuk penanganan sudah harus jelas satuannya," papar dia.

Selain Danais, Pemda DIY juga sudah melakukan refocussing APBD DIY hingga Rp 326 miliar (43 persen) untuk menangani Covid-19. Saat ini, anggaran tersebut sudah terserap Rp 140,9 miliar. 43 persen (dari APBD) tahun ini.

Di tempat terpisah, DPRD DIY menyoroti realisasi anggaran untuk penanganan Covid-19 yang masih kecil. Wakil Ketua DPRD DIY DIY, Huda Tri Yudiana meminta Pemda DIY untuk segera melaksanakanya secara maksimal karena sampai saat ini realisasi masih kecil,

Padahal, anggaran tersebut bisa untuk membiayai percepatan penanganan Covid-19 di DIY maupun untuk mengatasi berbagai krisis yang ditimbulkan sebagai dampak pandemi Corona Virus Disease 19 (Covid 19)

"Selain itu, terhadaptelah terbitnya Peraturan Menteri Keuangan, Nomor 94/pmk.07/2021DPRD DIY, DPRD DIY mendorong Gubernur DIY untuk melakukan percepatan perubahan terhadap rencana penggunaan dana keistimewaan untuk pencegahan dan atau penanganan penanganan pandemi Covid 19 di DIY," tutup dia. (OL-13)

Baca Juga: Pemkab Tasikmalaya Belum Izinkan Sekolah Laksanakan PTM

 

 

Baca Juga

Dok. Pribadi

Ekonomi Banten Tumbuh di Atas Rerata Nasional 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Selasa 28 September 2021, 23:50 WIB
Wahidin mengatakan pertumbuhan investasi di Banten menduduki nomor 4 nasional dengan realisasi investasi di Provinsi Banten pada semester I...
MI/KRISTIADI

Jawa Barat Usulkan Hari Anak Yatim Nasional

👤Bayu Anggoro 🕔Selasa 28 September 2021, 23:20 WIB
Ada sekitar 4 juta anak yatim piatu di Indonesia, 20.000 di antaranya orang tuanya meninggal karena...
DOK DHARMA GROUP

Jawa Barat Tiga Besar Penyumbang PDB Nasional

👤Bayu Anggoro 🕔Selasa 28 September 2021, 23:10 WIB
Jawa Barat merupakan salah satu provinsi unggulan di Indonesia, karena memiliki tingkat dampak keterkaitan yang cukup tinggi dibandingkan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kawin Kontrak Rendahkan Perempuan

 Kawin kontrak masih ditemukan di Kabupaten Cianjur. Usia pernikahan hanya dua bulan dengan uang mahar Rp15 juta

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya