Selasa 20 Juli 2021, 15:55 WIB

Kalsel Susun Raperda Dana Cadangan Pilkada

Denny Susanto | Nusantara
Kalsel Susun Raperda Dana Cadangan Pilkada

MI/Denny Susanto
Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA (kiri) dan Ketua DPRD Kalsel Supian HK (kanan).

 

PEMERINTAH Provinsi Kalimantan Selatan menyusun rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang dana cadangan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada). Pilkada serentak 2024 akan membutuhkan anggaran yang cukup besar sehingga diperlukan pencadangan anggaran.

Hal ini dikemukakan, Penjabat Gubernur Kalsel, Safrizal ZA, dalam rapat paripurna DPRD Kalsel kemarin. "Dana cadangan daerah adalah salah satu aspek penting dalam pelaksanaan roda pemerintahan daerah. Provinsi Kalsel akan melaksanakan pilkada serentak pada 2024 sehingga membutuhkan alokasi anggaran yang cukup besar, dan harus dipersiapkan melalui mekanisme dana cadangan," ungkapnya.

Pilkada 2024 tinggal beberapa tahun, di sisi lain program pembangunan harus terus berjalan. Dana cadangan juga guna mensiasati keterbatasan anggaran daerah di tengah situasi pandemi covid-19 seperti sekarang ini.

Penyelenggaraan Pilkada serentak 2020 untuk tingkat provinsi dan tujuh kabupaten/kota di Kalsel telah selesai dan secara umum berjalan sukses. Tinggal Pilkada Gubernur masih menunggu kelanjutan sidang PHPU pemilihan suara ulang (PSU) di Mahkamah Konstitusi yang tertunda akibat pandemi covid 19.

Selain raperda dana cadangan Pilkada saat ini juga tengah disusun sejumlah raperda lainnya seperti  Penyelenggaraan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) di lingkungan Pemprov Kalsel. Raperda ini dirancang untuk meningkatkan kualitas layanan publik dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang dikenal dengan sebutan E-Goverment.

Ketua DPRD Kalsel, Supian HK, mengatakan pihaknya melalui Komisi III dan IV tengah membahas Raperda Penyelenggaraan Pengelolaan sistem Manajemen Jalan dan Fasilitas Pendidikan Tinggi. (DY/OL-10)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Humas Pemprov Jateng-Arif Slam

Ganjar Ungkap Akselerasi Vaksinasni Covid-19 Terkendala Pasokan

👤Mediaindonesia 🕔Selasa 27 Juli 2021, 19:00 WIB
Ganjar mengungkapkan, Provinsi Jateng akan mendapatkan tambahan alokasi 700 ribu dosis vaksin dari Kementerian Kesehatan pada pekan...
DOK MI

Tuban Kerahkan Ratusan Petugas Untuk Tracing Covid-19

👤M Yakub 🕔Selasa 27 Juli 2021, 18:41 WIB
SEBANYAK 925 petugas gabungan di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Selasa (27/7) dikerahkan untuk melakukan...
Ist

Apkasi Dorong Daerah Manfaatkan Peluang Ekspor Komoditas Pertanian

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 Juli 2021, 18:36 WIB
Anggota Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) diajak untuk memenuhi 'tantangan' Mentan Syahrul Yasin...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Saling Jaga dari Serangan Virus

PANDEMI covid-19 telah berdampak besar bagi warga, terutama bagi mereka yang memiliki penghasilan harian, seperti ojek daring, buruh harian, dan pekerja lepas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya