Jumat 09 Juli 2021, 02:20 WIB

Satgas bakal Polisikan Warga Sikka Kuburkan Jenazah Pasien Covid-19 di Rumah

Gabriel Langga | Nusantara
Satgas bakal Polisikan Warga Sikka Kuburkan Jenazah Pasien Covid-19 di Rumah

MI/Gabriel Langga.
Juru bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Sikka Nusa Tenggara Timur Dokter Clara Francis.

 

SATGAS Penanganan Covid-19 Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, bakal memolisikan warga yang menguburkan pasien yang meninggal akibat covid-19 di depan rumahnya pada Minggu (4/7). Demikian disampaikan langsung oleh juru bicara Satgas Covid-19 bidang Kesehatan Dokter Clara Francis kepada Mediaindonesia.com, Kamis (8/7).

Disampaikan dia, dalam tubuh organisasi Satgas Covid-19 ada bagian-bagian seperti penindakan dan penegakan hukum. Pihaknya sudah menyerahkan semua kepada bagian hukum Satgas Covid-19 untuk ditelaah sehingga bisa dilaporkan kepada pihak kepolisian yakni Polres Sikka.

Laporan Satgas Covid-19 itu terkait pelanggaran terhadap pelaksanaan pemakaman pasien covid-19 yang tidak sesuai protokol kesehatan. Ada pula penolakan terhadap Satgas Covid-19 yang akan melaksanakan tugas untuk melakukan pemakaman secara protokol covid-19.

"Ada warga yang mengambil paksa dan melarang petugas Satgas Covid-19 sehingga jenazah dimakamkan di halaman rumah. Petugas kita tidak bisa berbuat apa-apa karena situasi waktu itu sangat tidak kondusif. Warga sudah dalam keadaan mabuk dan memarahi petugas. Ada juga ada warga yang melempar petugas dengan batu. Padahal secara aturan pemakaman pasien covid-19 di rumah itu tidak boleh," ungkap dia.

 

Prinsipnya, kata dia, seluruh berkas-berkas seperti surat rujukan, hasil rapid test, beberapa pendukung lain, dan kajian, pihaknya akan melaporkan kasus ini ke Polres Sikka dalam waktu dekat.  Sekadar diketahui kasus ini berawal dari salah satu warga Dusun Lekebai, Desa Bhera Kecamatan Mego, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, berinisial V, 66, yang meninggal dan dan dinyatakan positif covid-19, Minggu (4/7). (OL-14)

Baca Juga

Dok  Humas HIPMI

HIPMI Lahirkan Enterprenuer dan Pemimpin Muda

👤Denny Susanto 🕔Jumat 27 Mei 2022, 07:45 WIB
Menjelang setengah abad sejak didirikan pada 1972 silam, keberadaan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dinilai punya peran penting...
dok.Ist

Jawara Sumedang Dukung Sandiaga Jadi Presiden

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 23:28 WIB
PARA relawan Jaringan Wanita Nusantara (Jawara) Sandi Uno memberikan pelatihan budidaya tambak ikan di Waduk Jatigede, Desa Tarjunajaya...
Dok. PT SIS

Maksimalkan Potensi Bahari, Suzuki Marine Resmikan DIler Baru di Makassar

👤Ihfa Firdausya 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:37 WIB
“Sulawesi Selatan adalah salah satu daerah yang memiliki potensi bahari yang besar. Untuk memaksimalkan potensi tersebut, kami hadir...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya