Selasa 06 Juli 2021, 23:25 WIB

Sulteng, Sulsel Tingkatkan Ekspor Lewat Platform Marketplace

mediaindonesia.com | Nusantara
Sulteng, Sulsel Tingkatkan Ekspor Lewat Platform Marketplace

dok.humas
Gubernur Sulteng H. Rusdi Mastura (tengah) dan Wakil Gubernur Ma’mun Amir.

 

PEMERINTAH Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Sulawesi Selatan (Sulsel) menegaskan komitmen untuk meningkatkan ekspor dari wilayah mereka melalui platform marketplace B2B lintas batas Madeinindonesia.com.

Komitmen itu disampaikan saat kunjungan Madeinindonesia.com bersamaan dengan platform e-commerce itu memulai kampanye ke beberapa provinsi untuk mendorong pelaku bisnis di daerah dalam pengembangan ekspor secara digital.

Sebagai langkah awal, penjajakan kerjasama dengan Pemprov Sulteng dan Sulsel, menawarkan beberapa fasilitas untuk membantu pelaku usaha di kedua provinsi tersebut dalam mengembangkan bisnis dan membuka pasar mancanegara.

Dalam pertemuan terpisah kedua provinsi tersebut menyatakan kesiapannya untuk bekerjasama dalam upaya pengembangan ekspor secara digital, khususnya di sektor kelautan dan perikanan di provinsi tersebut dengan Madeinindonesia.com.

"Kami memberikan dukungan dalam upaya demokratisasi ekspor dan pembelian internasional (international sourcing). Kami bekerjasama dengan berbagai daerah (di Indonesia) untuk pengembangan ekspor,” kata Ilyas Bhat, pendiri dan CEO Madeinindonesia.com dalam keterangan tertulisnya, Selasa (6/7)

Baru-baru ini pihaknya, jelas dia, yang terdiri dari Ilyas Bhat, direktur Kemal Panigoro dan Penasehat Senior Rokhmin Dahuri berkunjung ke Sulteng dan Sulsel.

Di Sulteng, pihaknya mengadakan pertemuan dengan Gubernur H. Rusdi Mastura, Wakil Gubernur Ma’mun Amir beserta jajarannya. Sementara di Sulsel, bertemu pelaksana tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman.

Dari kunjungan tersebut, kedua provinsi sepakat untuk segera membuat memorandum of understanding (MoU) dengan Madeinindonesia.com mengenai upaya peningkatan ekspor hasil rakyat terutama dalam bidang perikanan dan pertanian.

Pihaknya, jelas Kemal Panigoro, dan Pemprov Sulawesi Tengah juga sepakat bekerjasama untuk mendatangkan peluang investasi di provinsi tersebut.

“Pada intinya kami sangat didukung oleh pak gubernur karena dinilai membuat terobosan baru yang akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama para nelayan dan petani,” kata Kemal Panigoro.

Terkait dengan industri perikanan di Sulawesi Tengah, baru-baru ini Gubernur Rusdi mentargetkan produksi undang di provinsi tersebut mencapai 200.000 ton.

Rusdi menegaskan perusahaan daerah harus memiliki peran besar untuk mengelola potensi produksi udang Sulawesi Tengah. "Saya sangat gembira, di daerah ini ada investasi budidaya udang besar sudah ada di tiga kabupaten yaitu Parigi Moutong, Banggai dan Buol,” tuturnya.

Ilyas Bhat menjelaskan bahwa kunjungan Sulteng dan Sulsel merupakan bagian dari upaya pihaknya dalam mendukung ambisi daerah untuk mengembangkan ekspor secara langsung.

“Pertemuan ini untuk membahas kolaborasi strategis lebih luas di bidang ekspor, khususnya pelaku UKM. Selain itu, kami juga membahas tentang upaya membawa investor ke Sulawesi,” kata Ilyas.

Khusus untuk membantu UKM dan usaha kecil lainnya, Madeinindonesia.com akan membantu pemasaran produk mereka melalui Indo-World Plaza, sebuah mal global yang dirancang untuk menghubungkan pelaku usaha kecil dengan pembeli mancanegara.

Kemal menambahkan bahwa produk yang dihasilkan pelaku usaha di Sulteng bukan cuma hasil perikanan tetapi juga hasil pertanian, seperti kelapa. “Kita akan coba membantu untuk memproses produk kelapa tidak hanya menjadi minyak goreng, tetapi juga menjadi kelapa parut. Kita akan bawa investasi ke Sulawesi Tengah,”kata Kemal. (OL-13)

Baca Juga: Kedapatan Tak Taat Prokes saat PPKM, Petugas Hajar Warga di Sikka

 

Baca Juga

MI/Denny Susanto

Pemrov Kalsel Klaim Penyebaran Covid-19 Melandai

👤Denny S Ainan 🕔Minggu 19 September 2021, 08:30 WIB
JIKA melihat dari penambahan kasus maka pandemi covid-19 di Kalsel bisa dibilang mulai...
DOK PEMPROV JAWA TENGAH

Sedang Antre Sembako, Rofik Malah Dapat Peci dari Wagub Taj Yasin Maimoen

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 19 September 2021, 08:12 WIB
Rofik awalnya hanya duduk sembari menunggu bantuan sembako yang akan dia terima dari NBRS Corp dan Blue Helmet...
dok.mi

Kesembuhan dan Penambahan Kasus Covid-19 Sleman Tertinggi di DIY

👤Agus Utantoro 🕔Minggu 19 September 2021, 08:05 WIB
KABUPATEN Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (18/9) mencatatkan angka kesembuhan dan  penambahan kasus Covid-19 tertinggi di...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

AS, Inggris, dan Australia Umumkan Pakta Pertahanan Baru

 Aliansi baru dari tiga kekuatan tersebut tampaknya berusaha untuk melawan Tiongkok dan melawan kekuatan militernya di Indo-Pasifik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya