Jumat 25 Juni 2021, 10:00 WIB

Sejumlah Pantai dan Candi di DIY Tutup Sementara untuk Pariwisata

Ardi Teristi Hardi | Nusantara
Sejumlah Pantai dan Candi di DIY Tutup Sementara untuk Pariwisata

ANTARA FOTO/Hendra N
Pantai Parangtritis

 

MEREBAKNYA kasus covid-19 di DIY dan sekitarnya membuat beberapa objek wisata ditutup sementara, misalnya objek wisata pantai di Bantul dan sejumlah objek wisata candi di DIY.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menyampaikan pihaknya menutup objek wisata pantai, mulai Parangtritis sampai Kuwaru. Penutupan berlaku hanya setiap Sabtu dan Minggu.

"Pada Sabtu-Minggu sering terjadi serbuan pengunjung dari luar Bantul bahkan (luar) DIY," kata dia, Kamis (24/6).

Serbuan wisatawan itu, lanjut dia, berpotensi menyebarkan virus. Penutupan objek wisata tersebut diatur dalam Instruksi Bupati Nomor 15 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat berbasis Mikro dari 15 Juni sampai 28 Juni 2021.

"Namun, kami evaluasi lagi karena kami juga menginginkan terjadi pemulihan ekonomi," jelas dia.

Baca juga: Jumlah Kasus Covid-19 Di DIY Melonjak

Abdul Halim menyampaikan, vaksinasi massal covid-19 kepada pelaku wisata dan pedagang di sepanjang pantai Selatan gencar dilakukan. Dia berharap, kekebalan imun terhadap wabah tersebut bisa terbentuk.

"Imunitas kelompok itu diharapkan akan muncul sehingga memperkecil kemungkinan terpapar covid-19 yang dibawa wisatawan," kata dia.

Selain pantai-pantai di Bantul, sejumlah candi di DIY juga ditutup. Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DIY Zaimul Azzah mengatakan, penutupan sejumlah candi untuk kegiatan wisata dilakukan mulai 23 Juni hingga 2 Juli.

"Layanan kunjungan ke candi kami tutup sementara sesuai surat edaran dari Dirjenbud menyikapi kondisi pandemi saat ini," terang Azzah.

Berikut sejumlah candi dan situs yang ditutup sementara, yaitu Candi Prambanan, Candi Sambisari, Candi Kalasan, Candi Sari, Candi Barong, Candi Banyunibo, Candi Ijo, Candi Gebang, Candi Kedulan, Situs Ratu Boko, dan Situs Warungboto.(OL-5)

Baca Juga

MI/Amiruddin

Walhi: Tambang Batu Bara Ilegal Bebas Beroperasi di Kalsel

👤Denny S 🕔Kamis 19 Mei 2022, 08:07 WIB
AKTIVITAS tambang batu bara ilegal hingga kini masih marak beroperasi di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan...
Ist

1 Orang Hilang Terseret Arus di Pantai Kuta Bali

👤Ruta Suryana 🕔Rabu 18 Mei 2022, 23:45 WIB
"Laporan kami terima pukul 19.05 Wita dari Bapak Sutayana, adanya 1 orang terseret arus di Pantai Kuta, di depan salah satu...
dok.ist

Diduga TPPU, PT Titan Diminta Angkat Kaki dari Sumsel

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 18 Mei 2022, 21:50 WIB
AKTIVIS dan tokoh pemuda asal Muara Enim Hari Azuar meminta agar PT Titan Group segera hengkang dengan meninggalkan semua bisnisnya di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya