Kamis 24 Juni 2021, 13:42 WIB

Anak Muda Desa di Nagekeo Belajar Digitalisasi Destinasi Wisata 

Ignas Kunda | Nusantara
Anak Muda Desa di Nagekeo Belajar Digitalisasi Destinasi Wisata 

MI/Ignas Kunda
savana di nagekeo untuk ranch ternak

 

PERCEPATAN pengembangan pariwisata di Pulau Flores saat pandemi covid-19 membuat anak muda dari beberapa desa dengan potensi wisata berlatih tata kelola bisnis dan pemasaran bersama Dinas Pariwisata Kabupaten Nagekeo, NTT, Kamis (24/6).

Sebanyak 42 orang anak muda ini berasal dari 15 desa yang memiliki potensi wisata seperti kampung adat dengan keindahan rumah adat dan pemandangan kampung tradisional, atraksi budaya serta keindahan alam yang masih banyak belum diketahui di Pulau Flores.

Dalam pelatihan, sejumlah anak muda ini membuatkan narasi sendiri tentang potensi wisata di desanya masing-masing dan dipandu para mentor untuk pemasaran secara digitalnya. Selanjutnya para anak muda ini akan bergerak mengunjungi ranch ternak di Desa Totomala untuk praktik lapangan.

Narasumber untuk pelatihan ini adalah para praktisi wisata di antaranya Sefnita dan Ferdinand dari DMO Flores( Destination Management Organization ) serta Irwanto dari Sustainable Tourism Denpasar-Bali.

Menurut Kepala Bidang Kelembagaan dan Sumber Daya Pariwisata, Dinas Pariwisata Kabupeten Nagekeo, Asis Adjo Bupu, pelatihan ini juga sebagai langkah maju dalam menggiatkan peran-peran anak muda desa untuk sadar akan potensi desanya menjadi objek wisata menarik yang bisa mendatangkan keuntungan buat mereka serta warga desa.

Dalam meningkatkan mutu citra mutu produk dan layanan wisata maka pelatihan ini diharapkan menciptakan anak muda yang mempunyai sumber daya yang terampil, cakap dan memiliki keahlian khusus serta profesional dalam bidangnya. Hal itu mutlak di tengah persaingan global saat ini apalagi saat pandemi dan tantangan daerah baru seperti Nagekeo yang selama ini belum banyak dikenal dibanding kabupaten tetangga lain di tengah Pulau Flores.

"Ini juga sebagai upaya agar para anak muda bisa bergerak dari desa dan punya rasa bangga akan daerahnya sendiri sehingga memunculkan upaya-upaya kreatif dan inovasi dari mereka dalam memajukan daerahnya sendiri," kata Asis Adjo.

Baca juga:  Tokoh Katolik dan Islam Nagekeo Minta Kematian Pelayan Pub Diusut Tuntas

Selain itu, menurut Asis, pelatihan buat anak muda ini juga sebagai penambah wawasan untuk sebuah pariwisata yang berkelanjutan yang ramah lingkungan sehingga menjadi bekal mereka memberikan edukasi terhadap warga desanya dan pengatahuan yang bisa diwariskan pada anak muda lainnya yang tidak mengikuti pelatihan ini.

"Anak muda sebagai agen muda perubahan di desa harusnya bisa untuk mulai menjaga alam dan kearifan yang sudah diwariskan para leluhur. Yang perlu dijaga itu soal nilai yang tidak akan pernah berubah walau umur bertambah sesuai warisan leluhur walau jaman berubah. Dalam pariwisata kini, ini penting biar kampungnya tetap terjaga sambil memberikan dampak ekonomi buat dirinya sendiri," pungkasnya.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA/	NOVRIAN ARBI

Wagub Jabar Minta Warga Waspadai Banjir dan Longsor

👤Adi Kristiadi 🕔Minggu 25 Juli 2021, 20:36 WIB
Pergeseran dari musim kemarau ke musim hujan sudah mulai terjadi di berbagai daerah dapat menyebabkan...
MI/Benny Bastiandy

BIN Gelar Vaksinasi Massal di Cianjur dan Bagikan Ribuan Bansos di 7 Provinsi

👤Benny Bastiandy/Budi Kansil 🕔Minggu 25 Juli 2021, 20:13 WIB
KEPALA BIN Jendral Polisi (Purn) Budi Gunawan meninjau vaksinasi pelajar di Yayasan Madrasah Tanwiriyyah, vaksinasi secara door to door di...
Antara

Pemkab Tasikmalaya Segera Bayar Insentif untuk Nakes

👤Kristiadi 🕔Minggu 25 Juli 2021, 17:30 WIB
Sebelumnya, para nakes yang menangani pasien covid-19 mempertanyakan keterlambatan pembayaran insentif hingga beberapa bulan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pegasus Spyware, Senjata Pembungkam Wartawan

 Konsorsium media internasional bersama Amnesty International melaporkan lebih dari 50 ribu nomor telepon menjadi target spyware Pegasus.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya