Rabu 09 Juni 2021, 19:07 WIB

Denny-Difriadi Pertimbangkan Gugat Hasil PSU Kalsel

Denny Susanto | Nusantara
Denny-Difriadi Pertimbangkan Gugat Hasil PSU Kalsel

DOK MI
Ilustrasi

 

PASANGAN calon nomor urut 02 pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kalimantan Selatan (Kalsel) Denny Indrayana-Difriadi Darjat mempertimbangkan mengajukan gugatan PHPU ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait hasil pemuingutan suara ulang (PSU).

Informasi dihimpun menunjukkan, perhitungan suara di tiga wilayah PSU yaitu Kota Banjarmasin, Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tapin, paslon petahana unggul jauh atas paslon 02. Sementara tingkat partisipasi pemilih lebih dari 70 persen.

"Kami mempertimbangkan secara hati-hati, karena ini adalah nasib Kalsel yang dititipkan ke kami dengan suara yang sangat besar. Kami memilih untuk terus berjuang sampai titik darah penghabisan. Artinya kami membuka opsi mengajukan sengketa hasil pemilihan gubernur ke MK," ujar Denny, Rabu (9/6).

Denny juga meminta maaf kepada masyarakat Kalsel karena memperpanjang proses pemilihan gubernur. "Kami minta maaf, karena ini memperjuangkan prinsip haram menyarah waja sampai kaputing. Ini adalah proses terakhir apapun putusan MK nanti, itu akan kita hormati," ujarnya.

Dirinya juga menegaskan pihaknya terus menjaga amanat rakyat dan memastikan tidak ada transaksi apapun, suara rakyat harus dihormati. Opsi perjuangan ke MK dibolehkan oleh perundang-undangan. Gugatan ke MK juga sebagai bentuk kontribusi pihaknya untuk menjaga suasana Kalsel tetap aman dan kondusif. 

Daerah PSU meliputi lima kecamatan di Kabupaten Banjar, yaitu Kecamatan Astambul, Matraman, Martapura, Aluh-Aluh dan Sambungan Makmur. Sebanyak 24 TPS di Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin, dan Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin. Total PSU digelar di 827 TPS, dengan jumlah pemilih sesuai DPT sebanyak 266.736 orang pemilih.

Pada Pilkada serentak Desember 2020 lalu selisih perolehan suara dua paslon ini hanya sekitar 8.000 suara untuk keunggulan paslon 01. (OL-15)

Baca Juga

Dok MI

Gempa Bumi Bermagnitudo 5,2 Mengguncang Bengkulu

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 15 Juni 2021, 23:40 WIB
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan gempa yang berpusat di laut tersebut tidak berpotensi...
PT KAI

PT KAI Bantah Buang Sampah ke Sungai Cisokan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 15 Juni 2021, 23:20 WIB
Saat itu karung yg semestinya dibawa tertinggal sehingga mereka berinisiatif untuk membuangnya di bantaran sungai jauh dari aliran...
Antara

Kawasan Kota Tua Padang Dipersolek

👤Yose Hendra 🕔Selasa 15 Juni 2021, 23:10 WIB
Tujuan penting dilakukannya pengecatan di kawasan Kota Tua agar terlihat indah dan menarik. Nantinya, setiap pengunjung akan merasakan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Orang Rimba masih Berjuang untuk Diakui

MATA Mariau tampak berkaca-kaca kala menceritakan perihnya derita kehidupan anggota kelompoknya yang biasa disebut orang rimba.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya