Minggu 16 Mei 2021, 12:56 WIB

Banjir di Satui, Ratusan Warga masih Mengungsi

Denny Susanto | Nusantara
Banjir di Satui, Ratusan Warga masih Mengungsi

MI/Denny Susanto
Kondisi banjir di di Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Minggu (16/5/2021)

 

RATUSAN warga korban banjir di Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu hingga kini kini masih mengungsi karena ketinggian banjir masih merendami permukiman mereka. Pj Gubernur Kalimantan Selatan. Pj Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA melakukan pemantauan dan rapat koordinasi penanganan banjir di Satui.

Berdasarkan data Posko Induk Bencana Kecamatan Satui, hingga Minggu (16/5) tercatat ada 88 keluarga atau 324 warga masih bertahan di pengungsian. Lokasi pengungsian yang disediakan pemerintah ini berada di SMP 4 Sinar Bulan dan bangunan majelis taklim Sungai Danau. Beberapa keluarga juga mengungsi ke rumah sanak keluarga mereka. Saat ini kondisi banjir yang terjadi sejak Kamis (13/5) tersebut mulai berangsur surut, namun ratusan rumah warga yang berada di dataran rendah masih terendam. BPBD, Dinas Sosial serta para relawan turun membantu
evakuasi dan penyaluran bantuan tanggap darurat bagi warga korban banjir.

Seperti diberitakan sebelumnya banjir di Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu ini melanda enam desa yaitu Desa Sungai Danau, Desa Sinar Bulan, Desa Satui Timur, Desa Satui Barat, Desa Jombang dan Desa Sejahtera Mulia. Desa-desa ini berada di dataran rendah sepanjang DAS Satui.

Total warga terdampak banjir mencapai 3.891 keluarga atau 13.433 <13433> jiwa. Desa Sinar Bulan dan Desa Sungai Danau merupakan desa terparah dilanda banjir. "Bencana banjir ini terus berulang. Bukan cuma karena hujan tetapi juga karena kondisi kerusakan lingkungan yang parah," tutur Direktur Eksekutif Walhi Kalsel, Kisworo Dwi Cahyono, Sabtu (16/5).

baca juga: Kalsel

Pada bagian lain banjir yang merendami ratusan permukiman warga di enam desa di Kecamatan Haruyan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah mulai surut. Desa-desa yang dilanda banjir meliputi Desa Haruyan Seberang, Desa Haruyan, Desa Lok Buntar, Desa Pengambau Hilir Dalam, Desa Pengambau Hilir Luar, Desa Mangunang.

Jumlah warga terdampak banjir di wilayah ini sebanyak 692 keluarga atau sekitar 2.000 jiwa. Ketinggian banjir sempat mencapai satu meter, namun kini berangsur turun. BPBD Kalsel juga melaporkan banjir yang melanda Desa Damit, Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Tanah Laut.

Sementara Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA melakukan pemantauan kondisi bencana banjir Satui lewat udara menggunakan helikopter milik BNPB. Safrizal juga langsung memimpin rapat koordinasi penanganan bencana banjir bersama Pemkab Tanah Bumbu. (N-2)

 

Baca Juga

DOK PEMPROV KALSEL

Kalsel Targetkan Ekonomi Tumbuh Positif

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 16 Juni 2021, 18:19 WIB
Safrizal menargetkan pada  kwartal kedua tahun 2021 harus sudah bisa...
DOK MI

Kasus Covid-19 Melonjak, Pemkot Cirebon Geser Anggaran

👤Nurul Hidayah 🕔Rabu 16 Juni 2021, 17:49 WIB
DI tengah melonjaknya kasus positif Covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon, Jawa Barat memetakan kembali kebutuhan anggaran yang...
ANTARA

BOR Pasien Covid-19 Di Cianjur Sudah 52 Persen

👤Benny Bastiandy 🕔Rabu 16 Juni 2021, 17:46 WIB
SAAT ini tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) bagi pasien covid-19 di Kabupaten Cianjur rata-rata di kisaran 52%....

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Orang Rimba masih Berjuang untuk Diakui

MATA Mariau tampak berkaca-kaca kala menceritakan perihnya derita kehidupan anggota kelompoknya yang biasa disebut orang rimba.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya