Kamis 06 Mei 2021, 16:30 WIB

Takbir Keliling di DIY tidak Dilaksanakan

Ardi Teristi Hardi | Nusantara
Takbir Keliling di DIY tidak Dilaksanakan

Antara/Hendra Nurdiyansyah.
Petugas memutarbalikan pengendara saat penyekatan di perbatasan wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, Prambanan, Sleman, DIY, Kamis (6/5).

 

KEGIATAN keagamaan menyambut dan saat Idulfitri harus menerapkan protokol kesehatan dan memperhatikan status zona wilayah mereka.

Karena itu, "Takbir keliling tidak dilaksanakan. Kami mohon takbir dilaksanakan di masing-masing masjid, musala, dan tempat-tempat yang lain," kata Kepala Kanwil Kemenag DIY Edhi Gunawan, Selasa (4/5). Langkah ini dilakukan untuk mencegah penularan covid-19.

Pihaknya memperbolehkan pelaksanaan salat Idulfitri. Namun, pelaksanaan salat tersebut harus memperhatikan status wilayah mereka masing-masing.

"Kalau status wilayah mereka berada di zona merah, (salat Idulfitri) tidak diperbolehkan," kata dia. Namun, wilayah dengan zona oranye, kuning, dan hijau tetap diperbolehkan menyelenggarakan salat Idulfitri dengan menerapkan protokol kesehatan.

 

Silaturahmi diperbolehkan asal masih dalam wilayah DIY. Namun, daerah yang masuk zona merah tidak boleh melaksanakan silaturahmi.

Saat silaturahmi, masyarakat diimbau tidak membuat kerumunan dan menaati protokol kesehatan. Ia meminta pengelola tempat ibadah maupun panitia pelaksanaan ibadah salat Idulfitri untuk selalu berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 di wilayah masing-masing. (OL-14)

Baca Juga

MI/Apul Iskandar

Labor Institute Indonesia Desak Pemerintah Antisipasi Efek Domino PPKM

👤Apul Iskandar 🕔Senin 21 Juni 2021, 20:49 WIB
Pemberian bantuan tunai langsung, subsidi upah, relaksasi iuran BPJS, relaksasi Perpajakan dan Stimulus perpajakan perlu dikeluarkan untuk...
 ANTARA/Didik Suhartono

Industri Dalam Negeri Butuh Produk Kimia Lokal

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 21 Juni 2021, 20:45 WIB
Pada peringatan 80 tahun Pendidikan Tinggi Teknik Kimia di Indonesia masalah besar di Tanah Air ialah ketergantungan pada produk kimia...
MI/BAYU ANGGORO

Laboratorium Kesehatan Jawa Barat Periksa 9.000 Sampel Covid-19 per Hari

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 21 Juni 2021, 20:20 WIB
Kerja keras itu juga membuahkan penghargaan, yakni diraihnya standard ISO 17043 sebagai Standar Internasional bagi Laboratorium...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jangan Gagap Lindungi Nasabah di Era Digital

ERA pandemi covid-19 berdampak pada berpindahnya aktivitas masyarakat di area digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya