Kamis 06 Mei 2021, 16:30 WIB

Takbir Keliling di DIY tidak Dilaksanakan

Ardi Teristi Hardi | Nusantara
Takbir Keliling di DIY tidak Dilaksanakan

Antara/Hendra Nurdiyansyah.
Petugas memutarbalikan pengendara saat penyekatan di perbatasan wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, Prambanan, Sleman, DIY, Kamis (6/5).

 

KEGIATAN keagamaan menyambut dan saat Idulfitri harus menerapkan protokol kesehatan dan memperhatikan status zona wilayah mereka.

Karena itu, "Takbir keliling tidak dilaksanakan. Kami mohon takbir dilaksanakan di masing-masing masjid, musala, dan tempat-tempat yang lain," kata Kepala Kanwil Kemenag DIY Edhi Gunawan, Selasa (4/5). Langkah ini dilakukan untuk mencegah penularan covid-19.

Pihaknya memperbolehkan pelaksanaan salat Idulfitri. Namun, pelaksanaan salat tersebut harus memperhatikan status wilayah mereka masing-masing.

"Kalau status wilayah mereka berada di zona merah, (salat Idulfitri) tidak diperbolehkan," kata dia. Namun, wilayah dengan zona oranye, kuning, dan hijau tetap diperbolehkan menyelenggarakan salat Idulfitri dengan menerapkan protokol kesehatan.

 

Silaturahmi diperbolehkan asal masih dalam wilayah DIY. Namun, daerah yang masuk zona merah tidak boleh melaksanakan silaturahmi.

Saat silaturahmi, masyarakat diimbau tidak membuat kerumunan dan menaati protokol kesehatan. Ia meminta pengelola tempat ibadah maupun panitia pelaksanaan ibadah salat Idulfitri untuk selalu berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 di wilayah masing-masing. (OL-14)

Baca Juga

DOK MI

Cakupan Vaksinasi Covid-19 Sumut Masih Rendah

👤Yoseph Pencawan 🕔Rabu 01 Desember 2021, 22:34 WIB
CAKUPAN vaksinasi Covid-19 di Sumatera Utara masih jauh dari angka yang diharapkan. Rata-rata, vaksinasi tahap satu mencapai 56% dan tahap...
MI/SUPARDJI RASBAN

Hari AIDS Sedunia Momentum Penanggulangan AIDS

👤Supardji Rasban 🕔Rabu 01 Desember 2021, 22:30 WIB
Budi Gunadi menyebut peringatan Hari AIDS Sedunia saat ini merupakan momentum peringatan bagi semua pihak di Indonesia untuk menyukseskan...
MI/Januari Hutabarat

Prosedur Keluar Masuk Daerah di Sumut Ribet, Lebih Baik di Rumah Saja saat Nataru

👤Yoseph Pencawan 🕔Rabu 01 Desember 2021, 22:10 WIB
Dia menjelaskan, jajarannya melaksanakan pengamanan suasana Nataru dan pencegahan penularan Covid-19 dengan menggelar Operasi Lilin...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya