Rabu 21 April 2021, 14:32 WIB

PLN Hidupkan Kembali Listrik 616 Ribu Rumah di NTT

M. Iqbal Al Machmudi | Nusantara
PLN Hidupkan Kembali Listrik 616 Ribu Rumah di NTT

Antara
Pekerja membenahi salah satu tower jaringan listrik penghubung yang roboh akibat Siklon Seroja.

 

PT PLN (Persero) terus melakukan pemulihan akses kelistrikan di Nusa Tenggara Timur (NTT), setelah terjangan Badai Siklon Tropis Seroja. Diketahui, jaringan listrik di sebagian besar wilayah mengalami gangguan.

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengatakan pihaknya telah memulihkan 3.857 gardu pelanggan dan kembali menyalurkan listrik terhadap 616 ribu rumah pelanggan.

"Tetapi, kerja PLN belum selesai. Masih ada 3,6% gardu di titik tersulit dan medan berat yang harus dipulihkan. Ada 3% pelanggan yang belum mendapatkan listrik," jelas Zulkifli di NTT, Rabu (21/4).

Baca juga: Tower Darurat Rampung, Listrik 4 Kabupaten di NTT Kembali Menyala

"Ke depan, PLN akan lakukan mitigasi untuk menempatkan tower yang rawan ke tanah yang lebih stabil. Serta, memperkuat pondasi tapaknya. PLN akan memperkuat sistem kelistrikan," imbuhnya.

Pemeliharaan rutin distribusi juga terus dilakukan. Sebab, jaringan tersebut menghubungkan listrik PLN ke rumah masyarakat. Pihaknya juga mengapresiasi dukungan masyarakat dan berbagai pihak yang membantu memulihkan listrik di wilayah NTT.

"Tim relawan dari berbagai daerah, stakeholder, pemerintah daerah, TNI, Polri dan lainnya, telah menunjukkan tidak menyerah meski badai datang. Semoga listrik membuat senyum warga kembali cerah dan perekonomian di NTT kembali bergairah," pungkas Zulkifli.

Baca juga: Cegah Penyebaran Covid-19 di NTT, Pemerintah Gulirkan Dana Huntara

General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTT Agustinus Jatmiko menyebut akses kelistrikan di wilayah NTT harus cepat dipulihkan. Sejak hari pertama badai melanda, tim PLN langsung turun ke lapangan. Misi pemulihan kelistrikan di NTT terus dilakukan. Sebab, masih ada wilayah yang belum mendapatkan listrik.

"Upaya untuk memulihkan semua sistem, karena saudara kita di Pulau Sagu, Rote, Alor, Lembata dan Adonara masih belum nyala listriknya. Juga di beberapa wilayah di Kota Kupang juga belum menyala," tutur Agustinus.(OL-11)

Baca Juga

Antaranews.com

Dosen Universitas Siliwangi Bantu Budidaya Ikan Warga untuk Ketahanan Pangan

👤Kristiadi 🕔Selasa 30 November 2021, 06:38 WIB
Agar perekonomian warga Desa Tawangbanteng, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya bisa kembali bangkit di masa...
Antara

Antisipadi Banjir, Mensos Berencana Bangun Lumbung Sosial di Garut

👤Kristiadi 🕔Selasa 30 November 2021, 06:17 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini mengintruksikan supaya pemerintah Kabupaten Garut membangun lumbung...
ANTARA/Aprillio Akbar

Nurdin Abdullah Divonis 5 Tahun Penjara

👤Lina Herlina 🕔Senin 29 November 2021, 23:10 WIB
MAJELIS Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Makassar, Sulawesi Selatan menjatuhkan hukuman lima tahun penjara dan denda Rp500 juta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya