Rabu 21 April 2021, 07:38 WIB

PSU Pali Hari Ini, Gubernur Sumsel Minta Semua Pihak Kawal

Dwi Apriani | Nusantara
PSU Pali Hari Ini, Gubernur Sumsel Minta Semua Pihak Kawal

Dok MI
Ilustrasi pemungutan suara

 

PEMUNGUTAN suara ulang (PSU) di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali), Sumatra Selatan akan berlangsung hari ini, 21 April 2021. Meski di tengah bulan Ramadan dan kondisi pandemi Covid-19, Gubernur Sumsel Herman Deru meminta semua pihak untuk mengawal penyelenggaraan PSU agar berjalan lancar dan kondusif.

"Saya berharap agar semua jajaran di Pali, baik KPU, Bawaslu, pemerintah daerah, kepolisian, TNI dan semua pihak terlibat agar sama-sama mengawal pelaksanaan PSU di Pali ini. Saya minta pelaksanaan PSU itu digelar sebaik mungkin dan memberikan hak seluas-luasnya kepada masyarakat," kata Herman Deru, Selasa (20/4).

Agar pelaksanaan PSU dapat berjalan dengan demokratis dan transparan sesuai dengan harapan, ia mengajak seluruh elemen dan stakeholders terkait dapat memberikan sumbangsihnya dalam mensukseskan PSU. Apalagi mengingat PSU merupakan amanat undang-undang dan telah diperintahkan oleh Mahkamah Konstitusi.

"Makanya KPU Sumsel, KPU Pali dan Bawaslu harus beriringan dan bersinergi dalam hal ini, untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan," imbuhnya.

Disamping pihak penyelenggaran, suksesnya pesta demokrasi tersebut juga tidak terlepas dari peran serta aparat kemanan dalam menciptakan wilayah yang kondisif. Karena itu, aparat baik TNI/Polri harus mampu meminimalisir terjadinya konflik yang kemungkinan akan terjadi di antara dua pasang kandidat Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Pali yang berkompetisi saat
PSU.

"PSU ini jangan sampai gagal, karena jika gagal akan membuat Kabupaten Pali tidak memiliki kepala daerah yang definitif. Karena itu jalannya PSU ini perlu dikawal dengan pengamanan yang ketat," tambahnya.

Suksesnya PSU, lanjut Herman Deru, tidak terlepas dari peran serta calon pemilih. Karena itu, pihak penyelenggara harus jeli dalam memberikan sosialisasi mengajajak calon pemilih untuk menyalurakan hak suaranya dengan datang ke TPS.

"Pihak penyelenggara harus bisa memastikan undangan PSU benar-benar sampai ke tangan calon pemilih. Jangan sampai jadi masalah bagi pihak penyelenggara dikemudian hari," kata dia.

baca juga: PSU Sumsel Pilkada 2020

Ketua KPU Sumsel, Amrah menyebutkan pelaksanaan PSU  akan dilangsungkan di empat TPS yakni di TPS 08 Desa Babat Kecamatan Penukal, TPS 06 Desa Tempirai Kecamatan Penukal Utara. Kemudian TPS 09 dan TPS 10 Desa Air Itam Kecamatan Penukal.

"Kita KPU Sumsel bersama KPU Pali sudah melakukan koordinasi secara intens dengan pihak terkait utamanya pihak keamanan TNI/Polri dalam pengamanan PSU," tandasnya. (OL-3)

 

 

Baca Juga

dok.ant

Warga Terdampak Banjir Rob Mulai Diserang Penyakit dan Kekurangan Air

👤Akhmad Safuan 🕔Rabu 25 Mei 2022, 08:25 WIB
DAMPAK banjir air laut pasang (rob) kembali dirasakan warga di beberapa daerah di pantura Jawa Tengah, selain kekurangan air bersih warga...
Dok.Ist

Pemerintah Bangun Kawasan Perbatasan

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 25 Mei 2022, 07:48 WIB
Gerbangdutas tak hanya menjadi upaya meningkatkan pertahanan, keamanan, dan penegakan hukum, tapi juga mengatasi keterisolasian wilayah...
MI/Gabriel Langga

Ratusan Sepeda Motor Disita dari Pelajar di Sikka

👤Gabriel Langga 🕔Rabu 25 Mei 2022, 07:30 WIB
Sejumlah pengendara sepeda motor di bawah umur dan berseragam SMA, yang belum memiliki SIM, diamankan oleh Satlantas Polres Sikka saat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya