Rabu 17 Maret 2021, 13:14 WIB

Tanggulangi Harga Gabah Anjlok, Blora Akan Kembali Hidupkan SRG

Akhmad Safuan | Nusantara
Tanggulangi Harga Gabah Anjlok, Blora Akan Kembali Hidupkan SRG

MI/Akhmad Safuan
Bupati Blora Arief Rohman (tengah) saat memimpin rapat koordinasi

 

HARGA gabah di tingkat petani terus anjlok hingga Rp3.500 per kilogram. Dengan kondisi itu, Pemerintah Kabupaten Blora, Jawa Tengah kembali akan hidupkan Sistem Resi Gudang (SRG) yang mangkrak di Kecamatan Kedungtuban untuk mendongkrak harga gabah.

Bupati Blora Arief Rohman dalam rangka mendongkrak penjualan gabah petani mengambil inisiatif kembali akan menghidupkan Sistem Resi Gudang (SRG) di Kecamatan Jedungtuban yang dibangun oleh Menteri Perdagangan sejak 2013 mangkrak karena tidak dipergunakan.

"Kita akan hidupkan lagi SRG untuk mendongkrak harga gabah petani. Hal itu selain untuk menyerap gabah petani saat harga anjlok juga menghindari bermainnta para tengkulak nakal," kata Arief Rohman kepada mediaindonesia.com, seusai  rakor SRG bersama Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Rabu (17/3).

Sistem Resi Gudang (SRG) Kedungtuban itu, demikian Arief Rohman, dibangun pada 2013 menggunakan dana alokasi khusus (DAK) dan dana alokasi umum (DAU) dengan total anggaran mencapai Rp4,84 miliar di atas tanah seluas 3.500 meter persegi milik Pemerintah Kabupaten Blora.

baca juga: Brebes Punya Gudang Bawang Merah Agar Bawang Tidak Cepat Busuk 

Melihat kapasitas sarana dan prasarana yang ada, ungkap Arief Rohman, SRG Kedungtuban ini cukup memungkinkan karena memiliki gudang dengan daya tampung 1.500 ton, mesin pengering gabah berkapasitas 10 ton per delapan jam dan dilengkapi dengan lantai jemur gabah, ganset, listrik, tataan gabah, air, perkantoran dan musholla.

Cara kerja SRG sendiri, lanjut Arief Rohman, terbilang cukup efektif untuk mendongkrak harga gabah petani karena fungsinya seperti Bulog, yakni daerah akan menyerap gabah petani saat harga anjlok seperti saat ini. (OL-3)
 

Baca Juga

DOK MI.

Ingin Ambil Perhiasan, Seorang Cucu Bunuh Nenek 

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:42 WIB
Personel mencari keberadaan barang bukti dan berhasil menemukan berupa satu kalung emas, dua cincin emas, satu dompet, dan uang tunai...
DOK MI.

Polisi Aceh Tangkap Residivis Pemerkosa Anak di Bawah Umur

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:34 WIB
Kasus ini berawal saat pelaku NAS bertemu dengan korban yang sedang memotong ambal yang tidak digunakan lagi dekat rumah...
DOK MI.

Banjir Terjang 11 Desa di Kabupaten Probolinggo

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:18 WIB
Di Desa Gending ada dua dusun yang terdampak banjir yakni Krajan sebanyak tercatat sebanyak 140 keluarga terdampak banjir genangan dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya