Jumat 12 Maret 2021, 22:15 WIB

Umat Hindu Surabaya Tidak Gelar Pawai Ogoh Ogoh

Faishol Taselan | Nusantara
Umat Hindu Surabaya Tidak Gelar Pawai Ogoh Ogoh

ANTARA
Pawai ogoh ogoh.

 

UMAT Hindu di Surabaya, memastikan tidak menggelar pawai ogoh ogoh menjelang Hari raya Nyepi 1943 Saka. Keputusan meniadakan arak-arakan itu  mengacu pada Surat Keputusan Bersama dari Parisada Hindu Dharma Indonesia Pusat yang membatasi kegiatan dalam rangkaian Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1943 yang jatuh pada Minggu (14/3) mendatang.

"Surat tersebut sudah diterima jauh sebelum Nyepi, sehingga tahun ini  umat sengaja tidak menyiapkan ogoh-ogoh. Sejatinya, pawai ogoh-ogoh ini bagian dari upacara Tawur Ageng Kesanga atau penyucian Buana Ageng dan Buana Alit, untuk tahun ini ditiadakan," kata Pengurus Pura Segara Made Yoga di Surabaya, Jumat (12/3).

Upacara Penyucian diri dan alam semesta ini biasanya dilaksanakan sehari sebelum Catur Baratha Penyepian atau Hari Raya Nyepi. Namun pembatasan kegiatan itu tidak mengurangi kekhidmatan umat di Pura  Segara untuk menyiapkan Catur Baratha Penyepian.

Pada Jumat 12/3) kesibukan tetap terlihat di tempat ibadah yang berada di Komplek Perumahan TNI AL ini. Para ibu nampak menyiapkan sesaji, sementara pa pria disibukkan dengan pembuatan sarana bebantenan. Sesaji dan sarananya ini disiapkan untuk upacara Melasti yang akan dilaksanakan Sabtu (13/3) besok.

Upacara melasti besok pagi akan digelar secara mandiri di beji atau  tempat penyucian, yang berada di komplek Pura Segara. Berbeda dengan sebelum pandemi, di mana biasanya upacara Melasti dilaksanakan dengan prosesi pengambilan air suci atau tirta amerta dari laut sebagai sumber kehidupan.

"Biasanya Melasti diikuti secara massal bersama Pura lain di Jagad Karana Perak, namun karena pandemi, tahun ini dilaksanakan secara mandiri di Pura masing-masing,"ujar Made. (OL-15)

Baca Juga

MI/WIDJAJADI

Diklatsar UNS Telan Korban, Kapolresta Surakarta Menduga Ada Tindak Kekerasan

👤Widjajadi 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 22:55 WIB
Polisi menduga ada tindak kekerasan terhdap para peserta saat diklatsar...
MI/DJOKO SARDJONO

Produk Hasil Pertanian Klaten Layak Dijual di Pasar Ekspor

👤Djoko Sardjono 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 22:40 WIB
Klaten menggelar Bussines Matching dan Promosi Produk Unggulan Hasil...
DOK MI

20 Kecamatan Di Sikka Nihil Kasus Aktif Covid-19

👤Gabriel Langga 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 20:28 WIB
PERLAHAN kasus positif Covid-19 di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur terus mengalami...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Era Penuh Harapan di Dusun Bondan

Energi terbarukan mengangkat Dusun Bondan di Cilacap dari keterpurukan. Kini, warga selangkah lagi menggapai kesejahteraan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya