Senin 08 Maret 2021, 11:42 WIB

Polda Riau Tetapkan 8 Tersangka Karhutla

Rudi Kurniawansyah | Nusantara
 Polda Riau Tetapkan 8 Tersangka Karhutla

BKSDA Riau
Petugas pemadam kebakaran memadamkan api di hutan rawa gambut suaka margasatwa (SM) Giam Siak Kecil, Bengkalis, Riau.

 

POLDA Riau telah menetapkan sebanyak 8 tersangka kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dengan luas lahan terbakar sekitar 25,25 hektare di sejumlah wilayah. Para tersangka yang ditangkap merupakan pelaku perorangan dari masyarakat atau petani yang diduga membuka lahan dengan cara membakar.

"Sudah 8 tersangka dari jumlah laporan dan kasus penyidikan masing-masing sebanyak 8 kasus," kata Kepala Bidang Humas Polda Riau Komisaris Besar (Kombes) Sunarto di Pekanbaru, Senin (8/3).

Ia menjelaskan, sebanyak 8 tersangka yang berinisial masing-masing ZUL,MIS, SAN, PET, TA, ED, MAS dan AB saat ini telah ditahan pada sejumlah Polres di Riau. Adapun kasus karhutla yang terbesar terjadi di Polres Dumai dengan tersangka 2 orang dan luas terbakar sekitar 10,25 hektare.

Kemudian Polres Indragiri Hilir menetapkan 1 tersangka dengan luas lahan terbakar 6 hektare, Polres Kepulauan Meranti menangkap 1 tersangka dengan luas lahan terbakar 5 hektare.

"Selanjutnya Polres Bengkalis dengan 2 tersangka dan luas lahan terbakar sekitar 3 hektare. Kemudian Polres Kampar, dan Polres Pelalawan dengan masing-masing 1 tersangka serta luas lahan terbakar masing-masing 0,5 hektare," jelas Sunarto.

baca juga: Gubernur Kalteng Minta Bupati Petakan Daerah Rawan Kathutla

Sejauh ini, Polda Riau bersama tim gabungan satgas siaga darurat Karhutla terus melakukan operasi penanganan dan pencegahan. Tim pemadam melaksanakan pemadaman melalui jalur darat dan udara. Selain itu, polisi juga melakukan kegiatan preventif dan preemtif penyebaran maklumat Kapolda Riau kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar.(OL-3)

Baca Juga

MI/Gabriel Langga

Pedagang Takjil di Beru Diserbu Pembeli

👤Gabriel Langga 🕔Minggu 18 April 2021, 09:44 WIB
Selain umat muslim yang akan berbuka puasa, warga nonmuslim juga ikut menyerbut dagangan yang berupa es buah, es cendol, gorengan, aneka...
MI/Agus Utantoro

10 Perupa Ikuti Memotret Yogyakarta Kini

👤Agus Utantoro 🕔Minggu 18 April 2021, 08:29 WIB
Para perupa menunjukkan keahlian mereka dalam melukis dengan mempraktikkan gaya dan karakter masing-masing dalam menangkap secara cepat...
dok.Hipmi Banten

Ini Gagasan Rifky Hermiansyah Majukan BPD HIPMI Banten

👤Wibowo Sangkala 🕔Minggu 18 April 2021, 08:00 WIB
Rifky Hermiansyah menjadi orang pertama mengambil Formulir Calon Ketua Umum BPD HIPMI...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya