Kamis 04 Maret 2021, 19:35 WIB

Buaya Muara Muncul di Tiku Resahkan Warga Agam

Yose Hendra | Nusantara
Buaya Muara Muncul di Tiku Resahkan Warga Agam

MI/Amiruddin AR
Iujstrasi buaya

 

KEPALA Resor Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah Agam, Ade Putra menyebut Buaya Muara (Crocodylus Porosus) yang muncul di Kawasan Objek Wisata Pantai Pasia Tiku, Nagari Tiku Selatan, Kecamatan Tanjung Mutiara terus bergerak. Warga diminta untuk tetap waspada beraktivitas di bibir pantai, terutama di dalam air.

"Menurut keterangan terakhir dari warga, dan hasil indentifikasi kami, individu buaya yang tampak di Tiku terus bergerak, pukul 2 siang kemarin terlihat di Sungai Sariak Padang Pariaman," ujarnya, Kamis (4/3).

Buaya Muara yang muncul di kawasan Pantai Tiku, jelas dia, bergerak dari Batang Gasan. Buaya bergerak hingga ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI), Rabu (3/3) kemarin, warga melihat satwa tersebut berbalik ke arah Batang Gasan sekitar pukul 09.00 WIB.

"Menurut keterangan warga di Gasan Kaciak, ada yang melihat buaya tersebut bergerak dari Batang Gasang. Jam 9 pagi kemarin berbalik lagi ke arah tersebut, jam 2 siang warga sudah melihatnya di Sungai Sariak," ucap Ade.

Dikatakan, habitat terdekat dari tempat kemunculan buaya adalah di hutan mangrove Pasia Paneh. Menurutnya, buaya berusia 3 tahun tersebut tersesat hingga ke bibir pantai.

"Namun, berdasarkan keterangan warga beberapa waktu lalu juga terjadi hujan deras, bisa jadi air di muara meluap dan membawa buaya itu ke pantai dan tersesat," terangnya.

Pihaknya menegaskan, meski saat ini buaya tersebut terlihat di Sungai Sariak, Padang Pariaman, warga diminta untuk tetap waspada. (OL-13)

Baca Juga

MI/Heri Susetyo

Pandemi Covid Nilai Ekspor Ikan dan Produk Ikan Jawa Timur Naik

👤Heri Susetyo 🕔Rabu 14 April 2021, 14:47 WIB
Di masa pandemi covid-19, ekspor ikan dan produk perikanan melalui BKIPM Surabaya 1, Jawa Timr justru mengalami peningkatan. Baik dari sisi...
MI/Koresponden

Ganjar: Dolanan Tradisional Bantu Siswa Cegah Radikalisme

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 14 April 2021, 11:51 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menilai permainan atau dolanan tradisional bisa membantu siswa sekolah tak berpaham...
MI/Lina Herlina

Jalur Kereta Api Makassar-Parepare Ditargetkan Beroperasi 2023

👤Lina Herlina 🕔Rabu 14 April 2021, 11:43 WIB
Jalur Kereta Api Tran Sulawesi Makassar-Parepare akan memiliki panjang track 142 kilometer (km) dan 16...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya