Rabu 24 Februari 2021, 09:55 WIB

Sahbirin Noor Raih Public Leader Award

Denny S | Nusantara
Sahbirin Noor Raih Public Leader Award

MI/Denny S
Gubernur Kalimantan Selatan periode 2016-2021 Sahbirin Noor.

 

SAHBIRIN Noor, Gubernur Kalimantan Selatan periode 2016-2021 menerima penghargaan Public Leader Award dari Berita Satu Media Holding. Penghargaan diberikan atas keberhasilannya sebagai gubernur dalam  menangani pandemi Covid-19 di Kalsel.

Penghargaan kategori Public Leader Award diberikan pada Selasa (23/2) malam,  secara virtual dari Jakarta. Sahbirin Noor saat menjabat gubernur dinilai berhasil dalam menangani pandemi Covid 19 di Kalsel sejak Maret 2020 lalu.

Kriteria Penerima Public Award adalah pemimpin yang kebijakannya mencerminkan penanganan covid-19 secara optimal, tecermin dari sejumlah indikator, seperti positivity rate, rasio kasus aktif, rasio kesembuhan, rasio kematian, rasio tes terhadap jumlah penduduk, rasio lacak, serta tren laju penambahan kasus baru.

Baca Juga: Hari Terakhir Masa Tugas Sahbirin-Rudy Ditandai dengan Tanam Ulin

Kebijakannya juga mampu menyelamatkan sektor lainnya, terutama sektor ekonomi. Hal ini antara lain tercermin dari data tingkat pengangguran, serta penyaluran kredit yang menunjukkan adanya pergerakan ekonomi. Serta Kebijakan inovatif lain yang memberi dampak positif bagi kehidupan masyarakat.

Penghargaan ini, tercatat penghargaan kedua bagi Sahbirin Noor terkait penanganan covid-19. Sebelumnya ia juga menerima penghargaan Mentan RI atas keberhasilan menjaga ketersediaan pangan di Kalsel selama masa pandemi covid.

Penghargaan untuk kategori gubernur ada 7 gubernur yang menerima Award. Selain Sahbirin Noor ada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono, Gubernur Riau Syamsuar, Gubernur Sulbar Andi Ali Baal Masdar, Gubernur Papua Lucas Enembe dan Gubernur Papua Barat Domingus Mandacan.

Sementara Award untuk tingkat menteri diterima oleh Sri Mulyani, Basuki Hadimuljono, Teten Masduki, Retno Marsudi, Nadine Makarim, dan Erick Thohir.

Dewan Juri yang menentukan penerima Public Leader Award sesuai kriteria yang telah ditetapkan adalah para pakar dan profesional di berbagai bidang. Mereka adalah Prof M Nuh, Prof Ari Kuncoro, DR Riris Andono Ahmad, Agus Pambagio, dan Primus Dorimulu.

Prof M Nuh, Ketua Dewan Juri mengemukakan pandangannya terhadap kepemimpinan di masa pandemi. ''Sejatinya, ujian pemimpin ya pada saat krisis. Apakah bisa menjalankan kepemimpinan dengan baik atau tidak.''

Ia juga mengibaratkan masa-masa sulit pandemi layaknya turbulensi. Maka, bukan turbulensinya yang perlu dipersoalkan, melainkan bagaimana memberikan pemikiran yang inovatif. Tidak sedikit pejabat publik yang ternyata mampu menghasilkan terobosan kebijakan di bidang dan wilayah masing-masing. Melalui kebijakan masing-masing, mereka mampu menangani covid-19 secara maksimal. (DY/OL-10)

Baca Juga

MI/Lilik Darmawan

Ganjar Ingatkan Kepala Daerah masih Punya PR Banjir

👤Akhmad Safuan 🕔Jumat 26 Februari 2021, 13:14 WIB
Ganjar mengingatkan ada pekerjaan rumah bencana banjir bagi kepala daerah yang baru dilantik...
MI/Widjajadi

Gibran-Teguh Bekerja Tak Kenal Hari Libur

👤Widjajadi 🕔Jumat 26 Februari 2021, 12:43 WIB
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dan Wakil Wali Kota Teguh Prakosa menyatakan tidak ada hari libur. Sabtu dan Minggu tetap...
MI/Ardi Teristi Hardi

Pengemudi Becak Motor Malioboro Belum Terdaftar Vaksinasi

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Jumat 26 Februari 2021, 12:37 WIB
PengemudiI becak motor di Malioboro, Joko Suparjo,51 mengaku belum terdaftar vaksinasi masal yang rencananya akan dilaksanakan pada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya