Kamis 18 Februari 2021, 22:00 WIB

UMKM Danau Toba Didorong Pasarkan Produk di Platform E-Commerce

Mediaindonesia.com | Nusantara
UMKM Danau Toba Didorong Pasarkan Produk di Platform E-Commerce

Antara
Panorama Danau Toba

 

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mendorong usaha kecil dan menengah (UMKM) di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara memperluas pemasaran produknya melalui platform e-commerce.
 
"Target kita di awal ini menggandeng 7.000 UMKM untuk kita berikan pelatihan. Banyak UMKM yang bagus, tapi produk dan pengemasannya masih kurang," kata Direktur Informasi dan Komunikasi Publik Perekonomian dan Maritim Kemenkominfo Septiani Tangkary saat seminar online dan offline UMKM Naik Kelas Beli Kreatif Danau Toba di Kabupaten Toba, Sumut, Kamis (18/2).
 
Ia mengatakan bahwa penjualan online terbukti bisa meningkatkan pendapatan para pelaku usaha, karena memiliki jangkauan luas sehingga mampu menjangkau pembeli dari manapun.
 
Oleh karena itu pihaknya dan Kemenparekraf serta kementerian terkait lainnya bersinergi untuk mendorong para pelaku UMKM menjual produk secara digital khususnya di kawasan superprioritas Danau Toba.
 
Melalui kegiatan UMKM Naik Kelas ini pemerintah akan melakukan pendampingan untuk pembuatan market place pelaku UMKM di Sumut, khususnya kawasan Danau Toba.
 
Pemerintah juga konsen dalam memberikan pengembangan bantuan pemulihan ekonomi nasional, salah satunya melalui program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang bertujuan untuk mendukung para pelaku UMKM dapat bersaing di era digital.
 
"Karena kita tau bahwa UMKM adalah tolak punggung utama daripada peningkatan ekonomi rakyat dan nasional yang kita hadapi," katanya.
 
Sementara itu salah satu pelaku UMKM di Kabupaten Toba, Dedy Lumbantobing mengapresiasi dukungan pendampingan oleh pemerintah untuk membantu meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM.
 
"Mudah-mudahan ke depannya para UMKM dapat semakin berkarya dengan pendampingan dari pemerintah," katanya. (Ant-OL-12)

Baca Juga

MI/Apul Iskandar

BPODT Ajak Bank Indonesia Bangkitkan Pariwisata Danau Toba

👤Apul Iskandar 🕔Jumat 20 Mei 2022, 10:54 WIB
Dalam gelaran FGD tersebut turut juga menghadirkan nara sumber dari GM Simalem Resort, GM Hotel Niagara, PT Angkasa Pura dan PT Jasa Marga...
MI/Gabriel Langga

Kapolres Sikka Proses Pidana Anak Buahnya yang Aniaya Selingkuhan

👤Gabriel Langga 🕔Jumat 20 Mei 2022, 09:35 WIB
OKNUM polisi berinisial R yang menganiaya selingkuhannya pada Rabu 18 Mei 2022 telah dijebloskan ke jeruji besi di Polres Sikka, Kabupaten...
dok.ist

Ganjar Milenial Sumut Bagikan 300 Paket Sembako ke Sopir Bantor

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 20 Mei 2022, 06:50 WIB
RELAWAN Ganjar Milenial Sumatera Utara (Sumut) membagikan 300 paket sembako ke sopir becak motor (bentor). Pembagian dilakukan di sejumlah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya