Selasa 26 Januari 2021, 19:01 WIB

Dzulmi Diberhentikan, DPRD Medan Usulkan Akhyar sebagai Wali Kota

Yoseph Pencawan | Nusantara
Dzulmi Diberhentikan, DPRD Medan Usulkan Akhyar sebagai Wali Kota

MI/Yoseph Pencawan
Akhyar Nasution.

 

DPRD Kota Medan resmi memberhentikan wali kota nonaktif Dzulmi Eldin. Badan legislatif tersebut mengusulkan pengangkatan Akhyar Nasution sebagai wali kota definitif.

Pemberhentian dan pengusulan pengangkatan tersebut telah ditetapkan DPRD Kota Medan dalam rapat paripurna yang digelar Selasa (26/1). Dalam rapat paripurna yang dipimpin langsung Ketua DPRD Medan Hasyim, para anggota dewan sepakat memberhentikan Dzulmi Eldin dari jabatan sebagai Wali Kota Medan.

Pemberhentian itu didahului dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) dari Mendagri  No.131.12-3750 tentang pemberhentian tersebut. Sebelumnya, Dzulmi Eldin menjadi wali kota nonaktif setelah terjaring operasi tangkap tangan KPK pada 16 Oktober 2020 terkait kasus suap proyek.

Rapat paripurna yang digelar secara virtual itu juga mengajukan pengusulan Akhyar Nasution menjadi Wali Kota Medan defenitif di sisa masa jabatan 2016-2021. Hasyim mengatakan, DPRD Medan akan segera mengirimkan pengusulan tersebut kepada Mendagri melalui Gubernur Sumut.

"Mudah-mudahan prosesnya nanti berjalan lancar dan penetapan sebagai wali kota defenitif sisa masa jabatan 2016-2021 dapat dilakukan secepatnya sebelum masa jabatan habis," ujarnya. Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution mengucapkan terima kasih kepada DPRD Medan karena telah menggelar rapat paripurna itu. (OL-14)

Baca Juga

Medcom.id

Kasus Positif Covid-19 di Karawang Nik Drastis

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Maret 2021, 05:47 WIB
Kasus Covid-19 di Kabupaten Karawang Provinsi Jawa Barat selama beberapa hari terakhir ini mengalami peningkatan signifikan hingga mencapai...
ANTARA

Pendinginan Masih Dilakukan di Lokasi Karhutla Nagan Raya

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Maret 2021, 02:25 WIB
Kobaran api di lokasi kebakaran di Nagan Raya sudah bisa dipadamkan...
ANTARA

Longsor di Majene, 1 Orang Tewas

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Maret 2021, 00:55 WIB
Air yang datang dari atas gunung dan meluap ke selokan, kemudian air menggenangi pemukiman warga yang posisinya di atas tebing, kemudian...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya