Senin 25 Januari 2021, 09:30 WIB

Puluhan Rumah Hancur, Gubernur Babel akan Berjuang ke Pusat

mediaindonesia.com | Nusantara
Puluhan Rumah Hancur, Gubernur Babel akan Berjuang ke Pusat

Ist
Di Desa Pulau Gersik ini tiap tahun hampir terjadi bencana abrasi yang diakibatkan gelombang air pasang. 

 

PULUHAN rumah di Desa Pulau Gersik, Kecamatan Selat Nasik Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), hancur. Bahkan beberapa rumah rata dengan tanah.

Rusak dan hancurnya rumah milik masyarakat disebabkan hantaman gelombang air laut pasang yang melanda desa tersebut. Wilayah itu sejak tahun 2017 kerap dirundung bencana dan teranyar, di awal tahun 2021 air pasang kembali menghancurkan beberapa rumah.

Warga mengadu kepada Gubernur Babel Erzaldi Rosman. Dan mendengar adanya desa yang mengalami persoalan alam itu, hari Minggu (24/1/21).

Gubernur Babel mengajak Kapolda Babel, Irjen Pol. Anang Syarif Hidayat dan Danrem 045 Garuda Jaya, Brigjen TNI M. Jangkung Widyanto, untuk segera ke lokasi. Jauhnya lokasi dan medan yang kurang bersahabat mereka siasati dengan menggunakan helikopter milik Polda Babel. Saat mendarat di lapangan bola desa setempat, warga ternyata sudah menunggu.

Sesampai di lokasi, Erzaldi langsung menggelar diskusi dengan masyarakat. Dan didapatlah persoalan yang menjadi permasalahan setiap tahun, yaitu musim pasang air laut.

"Mengingat kecemasan yang dirasakan oleh warga Desa Pulau Gersik tiap tahunnya, di mana setiap tahun ada beberapa rumah yang berkurang dan selalu hancur, ini harus segera kita bantu. Kalau tidak kita relokasi dan dibuat talud, tiap tahun pasti akan terus terjadi," ungkap Erzaldi.

Di Desa Pulau Gersik ini tiap tahun hampir terjadi bencana abrasi yang diakibatkan gelombang air pasang. 

Karena itu, pihaknya akan mendorong pemerintah pusat melalui APBN serta dengan dana Pemprov Babel yang dimiliki, membantu pembuatan talud penahan gelombang air dan merelokasi sekitar 30 rumah yang berada di sekitar bibir pantai. Untuk relokasi gubernur meminta kepada aparat desa setempat menyiapkan lahan.

Untuk mendorong pemerintah pusat, Erzaldi segera berkoordinasi dengan Satker APBN dan Sumber daya Air (SDA). 

"Diharapkan mereka dalam waktu dekat ini akan berkunjung ke Desa Pulau Gersik," ujar gubernur yang baru saja berhasil membawa Provinsi Babel sebagai salah satu provinsi yang tingkat korupsi terendah se-Indonesia.
 
 Rumah warga terus berkurang

Sementara itu, Kades Pulau Gersik, Marham mengatakan bahwa, Desa Pulau Gersik memiliki 647 Kepala Keluarga (KK) dari 2.225 jumlah penduduk yang ada. 

Menurut kades yang baru satu bulan dilantik ini, tiap tahun desa dihadapkan pada bencana abrasi karena gelombang pasang, yang mengakibatkan berkurangnya rumah warga.

"Tiap tahun kami merasa cemas, mulai dari tahun 2017 hingga terakhir kemarin setidaknya 30 rumah telah menjadi korban," jelasnya. Untuk itu pihaknya mengharap bantuan pemerintah agar hal ini tidak terjadi lagi. (RO/OL-09)

Baca Juga

Agus Suparto

Jokowi Dilaporkan ke Bareskrim Terkait Kerumunan di NTT

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Kamis 25 Februari 2021, 22:57 WIB
Kurnia menyayangkan sikap Presiden Jokowi yang tidak memberikan contoh yang baik terkait penerapan prokes saat berkunjung ke...
Antara

Rejang Lebong Bersiap jadi Kebun Percontohan Buah Lokal

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 25 Februari 2021, 22:41 WIB
Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kabupaten Rejang Lebong menyiapkan kebun percontohan buah-buahan lokal khas daerah...
MI/SUSANTO

Kerumunan di NTT Dinilai tidak Ada Unsur Kesengajaan

👤Budi Ernanto 🕔Kamis 25 Februari 2021, 22:11 WIB
Kerumunan terjadi saat ada kunjungan kerja Presiden Jokowi di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya