Minggu 24 Januari 2021, 08:02 WIB

BNPB Kerahkan 4 Helikopter Bantu Penanganan Banjir Kalsel

Denny Susanto | Nusantara
BNPB Kerahkan 4 Helikopter Bantu Penanganan Banjir Kalsel

ANTARA/Abriawan Abhe
Sebuah helikopter Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersiap mendarat.

 

BADAN Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengerahkan empat helikopter guna membantu penanganan bencana banjir dan longsor di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Helikopter digunakan untuk melakukan pemantauan kondisi banjir dan mensuplai bahan makanan ke daerah yang terisolasi.

"Sejak sepekan terakhir, ada empat helikopter yang beroperasi membantu penanganan bencana banjir dan longsor di Kalsel. Kemarin, Satgas Udara ini membantu pasokan bahan makanan bagi korban banjir yang terisolasi di pegunungan Meratus Kabupaten Hulu Sungai Tengah," tutur Komandan Korem 101 Antasari Brigjen Firmansyah, Minggu (24/1).

Baca juga: Longsor Isolir Sepuluh Desa di Ende

Firmansyah, yang juga menjabat Ketua Harian Satgas Bencana Kalsel, mengatakan meski banjir di bagian hulu sudah surut, banjir kini turun ke wilayah hilir DAS seperti Kabupaten Banjar, Barito Kuala, dan Kota Banjarmasin. Kemungkinan masih ada daerah-daerah lokasi bencana yang sulit dijangkau dan terisolir.

"Kita juga meminta bantuan semua pihak jika ada informasi akurat tentang adanya warga korban bencana yang daerahnya terisolasi, maka satgas udara akan mengerahkan helikopter," ujarnya.

Selain pengerahan helikopter, upaya evakuasi dan distribusi bantuan logistik terus dilakukan tim Satgas Bencana baik pusat maupun daerah.

Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah Berry Nahdian Furqan mengatakan meski banjir sudah surut dan aktivitas masyarakat sudah mulai normal, masih ada beberapa lokasi bencana di kawasan pegunungan Meratus yang perlu penanganan segera.

"Beberapa desa terisolasi karena akses jalan terputus akibat longsor. Mereka memerlukan bantuan lewat jalur udara," tuturnya.

Tim SAR gabungan perintah alam bersama TNI, saat ini, tengah berupaya membuka sejumlah akses jalan ke lokasi yang terisolasi menuju permukiman masyarakat lokal dayak Meratus ini.

Sejauh ini, bantuan dari berbagai pihak pemerintah dan swasta terus berdatangan ke Kalsel. Sebelumnya, Pemprov Kalsel juga menerima bantuan logistik dan peralatan untuk pemulihan bencana dari Kasad yang diangkut KRI ADRI-50. (OL-1)

Baca Juga

MI/Supardji Rasban

Konflik Walikota vs Wakil Walikota Tegal Belum Usai

👤Supardji Rasban 🕔Rabu 03 Maret 2021, 07:58 WIB
Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tegal akhirnya duduk bersama dan menyaksikan  acara penyerahan program TNI Manunggal Membangun Desa...
Dok MI

Kasus Sembuh Covid-19 di Klaten Bertambah

👤Djoko Sardjono 🕔Rabu 03 Maret 2021, 07:25 WIB
Kasus covid-19 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, bertambah 11 orang terkonfirmasi positif, Selasa (2/3). Namun, kali ini terdapat 24...
MI/Hijrah Ibrahim

Maluku Utara Kini Punya Kawasan Berikat Sektor Pertambangan

👤Hijrah Ibrahim 🕔Rabu 03 Maret 2021, 07:18 WIB
Pemprov Maluku Utara dan Bea Cukai meresmikan Kawasan Berikat di Kawasi, Halmahera Selatan, untuk sektor pertambangan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya