Jumat 15 Januari 2021, 09:53 WIB

Akses Darat Putus, Sulsel Kirim Bantuan ke Majene Via Laut

Lina Herlina | Nusantara
Akses Darat Putus, Sulsel Kirim Bantuan ke Majene Via Laut

Dok Lantamal VI
Kapal Perang Kal Mamuju yang dikirimkan Pemprov Kalsel untuk membawa bantuan bagi korban gempa di Mamuju.

 

PEMERINTAH Provinsi Sulawesi Selatan ikut membantu Pemerintah Sulawesi Barat yang sedang terkena musibah gempa bumi dengan magnitudo 6,2 SR.

Akses menuju lokasi bencana dengan jalur darat tidak bisa ditempuh sehingga pengirimn bantuan dilakukan melalui Lantamal VI Makassar dengan menggunakan kapal perang.

Komandan Lantamal (Danlantamal) VI Makassar Laksamana Pertama Benny Sukandari mengatakan mereka mengarahkan kapal perang Kal Mamuju  II-6-64 menuju ke Mamuju membawa bantuan untuk korban gempa di Sulbar.

"Nanti akan disusul KRI Teluk Ende supaya bisa bergerak cepat," katanya, Jumat (15/1).

Baca juga: Petugas Kesulitan Capai Lokasi Terparah

"Kami juga akan mengerahkan personel serta material dan bantuan bahan pokok makanan serta minuman lewat laut yang akan diangkut menggunakan kapal perang menuju Kabupaten Mamuju. Ada sejumlah bantuan berupa logistik yang kemungkinan dibutuhkan warga terdampak gempa yang mengungsi. Selain bantuan material, juga dikirimkan bantuan personel untuk membantu kegiatan pascakejadian di sana," sambung Kepala Penerangan Lantamal VI Makassar Kapten Suparman Sulo.

Terpisah, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengaku sudah berkoordinasi dengan Lantamal VI Makassar mengirim armada lewat jalur  laut, karena akses darat belum bisa ditempuh.

"Rencana juga bersama Kapolda Sulsel dan Pangdam XIV/Hasanuddin memantau apa yang bisa kita bantu segera di sana, meski tahu jika Pemprov Sulbar pasti bisa mengatasi semua," akunya.

"Kita juga sudah berkoordinasi dengan PT PLN Wilayah Sulawesi Selatan Barat dan Tenggara (Sultanbatara) untuk bisa segera memperbaiki jaringan listrik yang putus akibat gempa. Demikian pula dengan pihak Telkom, karena jaringan telekomunikasi itu juga sangat dibutuhkan," lanjut Nurdin.

Bahkan, pihak BPBD Sulsel juga sudah bersiap mengirimkan alat berat dan perlengkapan lain untuk membantu evakuasi.

Dari data sementara akibat gempa bumi yang terjadi di Majene, dilaporkan tiga orang meninggal dunia, 24 orang luka-luka, dan 2 ribu warga lainnya terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman. Beberapa warga lainnya sedang diupayakan untuk diselamatkan karena tertimbun material bangunan. (OL-1)

Baca Juga

dok.ist

Warga Desa di Kalteng Nyatakan Dukungan Ganjar Presiden 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 20:35 WIB
RATUSAN masyarakat Kalimantan Tengah yang tergabung dalam Desa untuk Ganjar (Des Ganjar) Kalteng mendeklarasikan Gubernur Jawa Tengah,...
ANTARA

PT KAI Daop 3 Cirebon Tambah Jadwal KA Argo Cheribon

👤Widhoroso 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 20:15 WIB
PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, yang biasanya mengoperasikan kereta api (KA) Argo Cheribon dua kali sehari,...
DOK MI

Kasus PMK Telah Menyebar Di 20 Kabupaten/Kota Di Jabar

👤Widhoroso 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 20:05 WIB
2.816 hewan ternak berkuku belah seperti sapi potong, sapi perah, domba dan kambing di Jawa Barat tertular virus yang menyebabkan penyakit...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya