Kamis 17 Desember 2020, 17:25 WIB

Kejari Karawang Musnahkan Barang Bukti Tindak Pidana Umum

Cikwan Suwandi | Nusantara
Kejari Karawang Musnahkan Barang Bukti Tindak Pidana Umum

MI/Cikwan Suwandi
Kepala Kejari Karawang Rohayatie melakukan simbolis pemusnahan barang bukti dengan memukulkan palu menghancurkan telepon seluler.

 

KEJAKSAAN Negeri Karawang dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) memusnahkan ratusan jenis barang bukti aksi kejahatan pidana umum yang terjadi pada 2019.

"Perkara dengan barang bukti ini dinyatakan sudah selesai atau telah mempunyai kekuatan hukum tetap (inkrah)," ujar Kepala Kejari Karawang, Rohayatie, di halaman kantor Kejari setempat, Kamis (17/12/2020).

Rohayatie mengungkapkan barang bukti yang dimusnakan terdiri dari 3,2 Kg ganja kering, 05,5 Kg sabu, uang palsu pecahan seratus ribu rupiah sebanyak 1.202 lembar, upal pecahan lima puluh ribu rupiah sebanyak 40 lembar, senjata api rakitan jenis pistol 7 pucuk, sejumlah senjata tajam, ribuan butir obat-obatan terlarang, dan satu dus besar telefon genggam.

Barang bukti yang terbuat dari logam dimsunahkan dengan cara dipotong-potong menggunakan mesin pemotong. Sementara barang bukti narkoba, upal, dan HP dibakar hingga jadi arang. "Kami juga khawatir terjadi penyalahgunaan yang tidak diinginkan atas barang bukti ini," kata Kajari.

Sementara itu, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana dalam sambutannya mengatakan, Kabupaten Karawang merupakan daerah perlintasan kota-kota besar di Pulau Jawa, sehingga jenis kejahatannya sangat beragam.

"Pemusnahan barang ini menjadi tanda aparat penegak hukum tidak diam. Selain pelakunya ditindak sesuai aturan, barang buktinya juga dimusnahkan," kata Cellica. (OL-13)

Baca Juga: Jawa Timur Percepat Tes Rapid Astigen

Baca Juga

DOK MI

PPKM Dua Kabupaten Di Babel Turun Ke Level 2

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Senin 20 September 2021, 21:46 WIB
DUA kabupaten di Provinisi Bangka Belitung (Babel) kini berada pada level 2 Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat...
Ist

Bertemu di Lirboyo, Para Kiai Sepuh Minta Muktamar NU Digelar Tahun Ini

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 20 September 2021, 21:45 WIB
Hasil pertemuan para kiai di Lirboyo kali ini akan disampaikan segera ke PBNU sehingga harapannya menjadi rumusan kuat agar Muktamar NU...
ANTARA

Korem 161/Wirasakti Kupang Gelar Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia Dari Rumah ke Rumah

👤Palce Amalo 🕔Senin 20 September 2021, 21:38 WIB
KOREM 161 Wirasakti Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar vaksinasi covid-19 bagi lansia dari rumah ke rumah, Senin...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Bendungan Rakyat

\PEMERINTAH berkomitmen meningkatkan produktivitas hasil pertanian di Tanah Air.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya