Rabu 16 Desember 2020, 19:16 WIB

Pengungsi Banjir di Cilacap Bertambah

Lilik Darmawan | Nusantara
Pengungsi Banjir di Cilacap Bertambah

ANTARA/Idhad Zakaria
Foto banjir di Cilacap, Jawa Tengah, November lalu.

 

BANJIR di Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) meluas di sejumlah titik. Jumlah rumah yang terdampak kini mencapai 11.618 rumah atau naik dari sebelumnya yang tercatat 11.450 rumah.

Jumlah pengungsi juga bertambah dari sebelumnya 418 keluarga, kini menjadi 508 keluarga. Meski demikian, dari 12 kecamatan yang sebelumnya dilanda banjir, kini hanya tinggal 7 kecamatan.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Cilacap Tri Komara Sidhy mengatakan bahwa jumlah rumah yang terdampak banjir mengalami penambahan, sehingga pengungsi juga bertambah. "Pengungsi yang sebelumnya 418 keluarga atau 1.226 jiwa, kini tercatat menjadi 508 keluarga atau 1.567 jiwa. Meski demikian, jumlah kecamatan yang dilanda banjir berkurang. Dari 12 kecamatan, sudah ada 5 kecamatan yang banjirnya surut," jelasnya pada Rabu (16/12).

Dijelaskan Tri Komara, kecamatan yang paling parah dilanda banjir  adalah Kecamatan Sidareja. Di kecamatan tersebut, ada 7 desa yang terdampak banjir yakni Sidareja, Gunungreja, Tinggarjaya, Sidamulya, Sudagaran, Tegalsari dan Margasari. "Kami mengimbau kepada masyarakat untuk terus siap siaga, karena intensitas hujan diperkirakan masih tinggi," katanya.

Menurutnya, BPBD telah turun ke lapangan bersama instansi terkait. Langkah yang dilakukan adalah mengurus pengungsi dan memberikan logistik serta penanganan darurat. “Penanganan darurat dilakukan di antaranya adalah menutup tanggul yang jebol secara darurat," ujar Tri Komara. (R-1)

Baca Juga

.

Keterangan Saksi Adalah Fakta Persidangan

👤RO/Micom 🕔Senin 23 Mei 2022, 09:41 WIB
Firul menyebut PT SKK melakukan transaksi under invoice nilai...
MI/Apul Iskandar

Ekspor CPO Kembali Dibolehkan, Polda Sumut Perketat Awasi Distribusi Minyak Goreng

👤Apul Iskandar 🕔Senin 23 Mei 2022, 08:00 WIB
Kapolda Sumut melalui Kabid Humas Kombes Hadi Wahyudi mengajak semua pihak khususnya di Sumatera Utara untuk mendukung kebijakan strategis...
dok.Komunitas Nelayan Sulsel

Komunitas Nelayan Sulsel Deklarasikan Ganjar Jadi Presiden 2024

👤Lina Herlina 🕔Minggu 22 Mei 2022, 23:11 WIB
KOMUNITAS Nelayan Pesisir Sulawesi Selatan menyatakan dukungan untuk Ganjar Pranowo menjadi Presiden Republik Indonesia...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya