Rabu 16 Desember 2020, 10:46 WIB

Hafidz-Hanies Menang di Rembang, Tim Lawan Adukan Pelanggaran

Akhmad Safuan | Nusantara
Hafidz-Hanies Menang di Rembang, Tim Lawan Adukan Pelanggaran

Dok.MI
Ilustrasi Pilkada 2020

 

BERDASARKAN penghitungan suara tingkat kabupaten di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah selama 13 jam di Gedung Balai Kartini Rembang, Selasa (15/12) paslon nomor urut 02 Abdul Hafidz-Mochamad Hanies Cholil Barro' mendapatkan 214.237 suara, mengungguli lawannya nomor urut 01 Harno-Bayu Andriyanto meraih 208.736 suara atau selisih 5.501 suara atau 1,3 persen.

Kemenangan paslon Abdul Hafidz-Mochamad Hanies Cholil Barro terjadi di sembilan kecamatan yakni Bulu, Sale, Sarang, Sedan, Pamotan, Sulang, Pancur, Sluke dan Lasem,  sehingga KPU menetapkan paslon ini menjadi pemenang di Piljada Rembang 2020.

"Berdasarjan hasil rekapitukasi suara ini, maka ditetapkan paslon nomor urut 02 sebagai pemenang," kata Ketua KPU Kabupaten Rembang M Ika Iqbal Fahmi.

Menanggapi hasil rekapitulasi pilkada ini, tim pemenangan nomor urut 01 Harno-Bayu Andriyanto melaporkan dugaan pelanggaran yang terjadi dalam Pilkada Rembang dan menuntut dilaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di beberapa kecamatan. 

"Ada cukup banyak temuan dugaan pelanggaran, sehingga memutuskan melapor kepada Bawaslu," ujar Kuasa hukum tim Harno-Bayu, Karyono.

Berdasarkan inventarisasi temuan, lanjut Karyono, setidaknya ada 20 poin temuan dugaan pelanggaran di 9 Kecamatan se-Kabupaten Rembang, maka sesuai undang-undang, bilamana ada penyelenggaraan yang tidak sesuai harus dilakukan PSU.

"Dalam proses rekap manual yang dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Rembang, tim saksi Paslon 01 Harno-Bayu menemukan sejumlah kejanggalan yang ditengarai sebagai tindak pelanggaran pada Pilkada mulai dari tingkat Kecamatan hingga Kabupaten. Namun temuan-temuan tersebut belum sepenuhnya ditindaklanjuti oleh Panwascam setempat. Laporan kami tujukan kepada Bawaslu Kabupaten dengan tembusan Bawaslu Provinsi dan Bawaslu RI," imbuhnya. 

baca juga: KPU Gunung Kidul: Sunaryanta-Heri Susanto Unggul di Pilkada 2020

Ketua Bawaslu Rembang Totok Suparyanto mengatakan akan mempelajari terlebih dahulu materi pelaporan karena tindak lanjut dari pelaporan tersebut akan mengerucut dalam pleno yang akan diagendakan di kemudian hari.

"Hak sebagai warga negara ya kami terima, isi dari pelaporan itu kami pelajari terlebih dahulu dan sepanjang memenuhi syarat maka pelaporan akan diterima," demikian Totok Suparyanto. (OL-3)

Baca Juga

dok pribadi

Siskaeee Pintar Ngaji dan Cerdas Sejak Kecil

👤RO/Micom 🕔Kamis 09 Desember 2021, 00:20 WIB
Hidup Siskaeee pahit karena yatim...
Dok. Sahabat Ganjar

Bantu Pengungsi Erupsi Gunung Semeru, Sahabat Ganjar Dirikan Dapur Umum 

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 09 Desember 2021, 00:17 WIB
Posko Dapur Umum didirikan di Dusun Candipuro Kerajan, Kecamatan Candipuro. Sejumlah relawan memasak sejak malam hari untuk membuat nasi...
Dok. Sahabat Ganjar

Sahabat Ganjar Bali Berikan Donasi ke Penyintas Kanker dan Penyandang Disabilitas 

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 09 Desember 2021, 00:14 WIB
"Bantuan diharapkan dapat bermanfaat untuk rumah singgah Tapasya Stroke Center. Semoga para penderita di sini bisa sembuh seperti...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya