Selasa 15 Desember 2020, 19:45 WIB

Tanggul Kali Ingas Jebol, Padi 900 Ha Terancam Terendam Banjir

Muhammad Yakub | Nusantara
Tanggul Kali Ingas Jebol, Padi 900 Ha Terancam Terendam Banjir

MI/M Yakub
Luapan Kali Ingas di Desa Kedungprimpen, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro, Jatim, akibat jebolnya tanggul sepanjang 7 meter.

 

TANGGUL Kali Ingas di Desa Kedungprimpen, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro, Jatim, jebol sepanjang 7 meter. Jebolnya tanggul  ini karena dipicu naiknya permukaan air sungai Bengawan Solo yang meluber ke pemukiman dan areal persawahan.

Kondisi tersebut membuat warga 4 desa di Kecamatan Kanor dan Baureno resah. Warga kemudian berusaha membendung tanggul yang jebol agar tidak menenggelamkan padi seluas 900 hektare (ha) di dua kecamatan tersebut.

Hadi, warga Desa Temu, Kecamatan Kanor mengatakan,  tanggul anak sungai Bengawan Solo itu jebol pada Senin dinihari sepanjang 7 meter. Menurut dia, jebolnya  tanggul Kali Ingas yang berlokasi di Desa Gedongarum ini persis pada titik tanggul yang jebol pada tahun sebelumnya.

"Ini meresahkan petani di Kecamatan Kanor dan Baureno.Karena lokasi titik tanggul itu berbatasan dengan kecamatan," katanya, Selasa (15/12) siang.

Ratusan petani di Kecamatan Baureno dan Kanor, lanjut dia, sejak Senin (14/12) malam berusaha menanggulangi tanggul yang jebol itu dengan alat seadanya. Petani resah banjir dikuaturkan menenggelamkan padi yang berumur 30 hari di empat desa yabg antara lain di Desa Temu, Kedungprimpen, dan Gedungarum.

"Jika tanggul jebol maka padi seluas 900 ha akan tenggelam akibat banjir dan bakal gagal panen," jelasnya.

Ia menjelaskan, dengan kondisi tanggul yang kritis tersebut, aparat Desa Temu dan tokoh masyarakat sepakat mengajak warga lainnya untuk bersama-sama membantu warga tiga desa lainnya untuk memperkuat sekaligus menanggulangi bencana banjir.

Ajakan itu kemudian juga disampaikan melalu pengeras suara di masjid. Hal ini didasari karena Desa Temu juga dilintasi aliran Kali Ingas yang bila tidak tertangani sawah dan pemukiman di kampungnya juga terdampak.

Warga empat desa bersama aparat TNI, Polri, BBWS dan BPBD berusaha menanggulangi tanggul yang jebol itu dengan bergotong-royong. Aparat desa dan pihak terkait kemudian menutup tanggul yang jebol itu dengan material tanah dalam karung dan memperkuat dengan anyaman bambu (gedek).

Warga sempat mengalami kekurangan makanan saat perbaikan dilakukan.Namun, setelah bantuan datang dari berbagai pihak, kebutuhan makanan untuk warga yang turut kerja memperbaiki tanggul ini terpenuhi hingga pekerjaan selesai dilaksanakan.

"Terimakasih atas bantuan berbagai pihak. Alhamdulillah nasi bungkus dan minuman sampai besok diperkirakan aman," tambah Hadi, tokoh pemuda setempat.

Pemdes empat desa yang terdampak, lanjut dia,  juga sudah berkoordinasi terkait hal ini. Selain itu juga ada bantuan dari para donatur yang sudah konfirmasi akan memberi bantuan kebutuhan warga.(OL-13)

Baca Juga: BMKG Peringatkan Potensi Gelombang Tinggi 15-17 Desember 2020

 

Baca Juga

MI/Denny Susanto

Profil dan Track Record Paslon Jadi Pertimbangan di Banjarmasin

👤Denny Susanto 🕔Sabtu 08 Mei 2021, 05:34 WIB
Profil dan track record paslon menjadi pertimbangan utama pemilih di Banjarmasin, Kalimantan Selatan bukan karena...
dok.pribadi

Masalah Internet Bisa Bikin PON di Papua Ambyar

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Jumat 07 Mei 2021, 20:51 WIB
AKSES internet di Papua, terutama di dua kota utama yaitu Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura serta beberapa daerah sekitarnya sampai saat...
Antara

Pelaku Usaha Wisata di Bandung Barat Sekarat

👤Depi Gunawan 🕔Jumat 07 Mei 2021, 20:39 WIB
PEMILIK usaha pariwisata dimohon agar kegiatan kunjungan wisata ditutup sementara mulai tanggal 7-14 Mei 2021. Permohonan Pemkab Bandung...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kualitas Kompetisi Harus Ditingkatkan

Regulasi yang dibuat operator dan regulator harus bisa meningkatkan standar liga dan klub

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya