Jumat 04 Desember 2020, 20:05 WIB

Pelabuhan Kuala Tanjung akan Tambah Fasilitas Energi

Yoseph Pencawan | Nusantara
Pelabuhan Kuala Tanjung akan Tambah Fasilitas Energi

MI/Yoseph Pencawan
Aktivitas di Pelabuhan Kuala Tanjung, Kabupaten Batubara, Sumatra Utara.

 

FASILITAS energi di Pelabuhan dan Kawasan Industri Kuala Tanjung akan semakin lengkap dengan keberadaan fasilitas bunker penunjang terminal bahan bakar minyak (TBBM) dan jalur pipa gas yang dibangun Pertamina. Kedua fasilitas itu untuk memenuhi kebutuhan energi investor.

Proses pembangunan infrastruktur tersebut ditandai dengan groundbreaking sarana dan fasilitas bunker dan peresmian jalur pipa gas Kuala Tanjung di Area Terminal Multipurpose Kuala Tanjung Pelindo 1 di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, Jumat (4/12) yang dilakukan secara luring dan daring.

Groundbreaking dilakukan secara bersama oleh Direktur Utama Pelindo 1 Dani Rusli Utama dan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, serta disaksikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif.

Sarana dan Fasilitas Bunker (Bunkering Service) akan berdiri di lahan milik Pelindo 1 di Pelabuhan Kuala Tanjung dan kelak akan menjadi bagian dari pengembangan tangki BBM untuk bunker Kuala Tanjung.

Menteri ESDM, Arifin Tasrif menyambut positif langkah Pertamina menggandengkan Pelindo 1 sebagai BUMN untuk mendukung pemerintah dalam mendorong pemerataan ekonomi dengan membangun infrastruktur energi di Sumatera Utara.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyambut baik upaya Pertamina dan Pelindo 1 dalam mengoptimalkan potensi yang ada untuk kemajuan ekonomi wilayah. "Proyek sinergi Pelindo 1 dan Pertamina ini diharapkan akan mengoptimalkan kinerja Kuala Tanjung Multipurpose Terminal (KTMT) dan meningkatkan daya tarik kawasan industri Kuala Tanjung," tutur Menhub.

Direktur Utama Pelindo 1 Dani Rusli Utama menjelaskan, sarana dan fasilitas dermaga Pelabuhan Kuala Tanjung sangat berpotensi mendukung berdirinya TBBM, mengingat dermaga ini memiliki panjang 500 meter dan lebar 60 meter. Pelabuhan juga bisa disinggahi kapal raksasa sejenis Very Large Container Carrier (VLCC) dengan bobot 50.000 DWT.

Kuala Tanjung Multipurpose Terminal sendiri memiliki kapasitas hingga 600.000 TEUs petikemas, sebanyak 100.000 metrik ton volume curah cair, dan 8 hektare area untuk general cargo dan curah kering. Sementara panjang trestle mencapai 2,8 km dan lebar 18,5 meter dengan 4 jalur truk.

"Pembangunan tangki BBM untuk bunker akan mengoptimalkan kinerja KTMT dan meningkatkan daya tarik Kuala Tanjung Industrial Estate sehingga akan makin banyak perusahaan yang berinvestasi di sini. Kerja sama ini merupakan langkah awal menjadikan Kuala Kanjung sebagai
Indonesia's Logistic & Supply Chain Hub," ujar Dani.

Sedangklan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan sebagai perusahaan negara yang mengelola energi nasional,
Pertamina berkomitmen mendukung Pemerintah dalam mendorong ekonomi wilayah Sumatera Utara dan sekitarnya dengan memasok kebutuhan energi di kawasan industri dan Pelabuhan Kuala Tanjung.

Untuk tahap awal, Pertamina akan membangun tangki BBM guna mendukung pengembangan bisnis bunker dan juga melayani kapal-kapal yang berlabuh di pelabuhan tersebut dengan potensi market sekitar 3.000 metrik ton per tahun. Pembangunan tangki BBM ini sepenuhnya akan menggunakan tenaga kerja lokal. (R-1)

Baca Juga

MI/Tosiani

Warga BintanTtemukan Bola Hitam di Pantai

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 26 Januari 2021, 23:51 WIB
Bola hitam tersebut terlihat dilapisi dengan rantai besi putih disertai ban hitam mini. Pada benda tersebut terdapat beberapa tulisan,...
MI/Rudi Kurniawansyah

834 Personel Polda Riau Ikuti Seleksi Sekolah Inspektur Polisi

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Selasa 26 Januari 2021, 23:48 WIB
Agung menjelaskan terdapat tiga belas penilaian komponen bagi anggota Polri yang menjadi acuan...
MI/Ruta Suryana

Operasi Yustisi Digencarkan, 12 Terjaring Langgar Prokes

👤Ruta Suryana 🕔Selasa 26 Januari 2021, 23:45 WIB
Untuk yang menggunakan masker dengan tidak benar dilakukan pembinaan oleh petugas dengan hukuman...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya