Selasa 24 November 2020, 11:49 WIB

Operasi Yustisi Protokol Kesehatan Klaten Jaring 8.043 Pelanggar

Djoko Sardjono | Nusantara
Operasi Yustisi Protokol Kesehatan Klaten Jaring 8.043 Pelanggar

MI/Djoko Sarrdjono
Salah satu warga terjaring operasi yustisi yang digelar di wilayah Kota Klaten.

 

OPERASI yustisi penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan digencarkan di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Sebanyak 8.043  pelanggar terjaring operasi yang digelar di seluruh 26 kecamatan di Klaten. Kegiatan operasi yustisi dilaksanakan Pusat Pengendalian dan Operasional Gugus Tugas Kabupaten Klaten.

Sanksi bagi pelanggar yang tidak memakai masker diatur dalam Perbup No 40 Tahun 2020 tanggal 19 Agustus 2020. Gelar operasi yustisi penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan melibatkan unsur TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan Organisasi Amatir Radio Indonesia. Tujuannya adalah dalam upaya pencegahan covid-19.

Plt Kepala Satpol PP Kabupaten Klaten, Rabiman, menjelaskan pelanggar protokol kesehatan sebanyak 8.043 orang  itu terdiri dari masyarakat umum ber-KTP 4.567 orang, 2.998 orang tidak membawa identitas, dan 478 pelajar. Sesuai Perbup No 40 Tahun 2020, pelanggar tidak memakai masker dikenakan sanksi KTP ditahan selama 10 hari. Dan, sanksi bagi masyarakat umum tidak membawa KTP atau identitas wajib kerja sosial bersih-bersih fasilitas umum.

baca juga: Cegah Klaster Keluarga, Pasien Covid-19 Dilarang Isolasi di Rumah

"Sedangkan pelanggar dari kalangan pelajar, sementara tidak dikenakan sanksi hukum. Petugas operasi hanya mencatat identitas mereka untuk disampaikan ke sekolah yang bersangkutan," kata Kasatpol PP Rabiman, Selasa (24/11).

Satgas Penanganan Covid-19 Klaten mengumumkan, Senin (23/11) ada penambahan kasus positif 56 orang. Sehingga, jumlah akumulatif pasien positif menjadi 1.587 orang, 1.222 sembuh, 310 dirawat, dan 55 orang meninggal dunia. (OL-3)

Baca Juga

DOK MI

Diduga Depresi, Seorang Wanita Di Deli Serdang Bantai Keponakan Dan Gantung Diri

👤Yoseph Pencawan 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 21:40 WIB
WARGA di Jalan Rajawali, Gg Gereja, Desa Muliorejo, Kecamatan Sunggal, Deliserdang, Sumatera Utara digemparkan dengan penemuan dua mayat di...
AFP

BMKG Bantah Gelombang Panas Landa Sulut

👤WidhorosoKOORDINATOR Bidang Observasi dan Informasi Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben Molle mengatakan tak ada gelombang panas terjadi di Sulawesi Utara (Sulut). "Informasi itu tidak benar, hoaks," kata Be 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 19:56 WIB
KOORDINATOR Bidang Observasi dan Informasi Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben Molle...
MI/Wibowo

Ombudsman Banten Apresiasi Kapolda Banten Beri Hukuman Berat ke Brigadir NP

👤Wibowo S 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 19:32 WIB
KEPALA Ombudsman Banten Dedy Irsan mengapresiasi kerja cepat Kapolda Banten Irjen Dr. Rudy Heriyanto dalam melaksanakan perintah Kapolri...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Amendemen Konstitusi antara Ambisi Elite dan Aspirasi Rakyat

Persepsi publik mengenai cara kerja presiden lebih mengharapkan pemenuhan janji-janji politik saat kampanye ketimbang bekerja berdasarkan Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN).

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya