Senin 23 November 2020, 00:37 WIB

Diserang Hama Keong Mas, Petani di Lebak Dua Kali Tanam Padi

mediaindonesia.com | Nusantara
Diserang Hama Keong Mas, Petani di Lebak Dua Kali Tanam Padi

ANTARA FOTO/Umarul Faruq
Ilustrasi: petani menunjukkan telur keong mas yang menempel di batang padi hingga membuat gagal panen

 

SEORANG petani warga Cibungur Pasir, Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Samian, mengaku sudah dua kali menanam padi lantaran diserang hama keong mas. Hama tersebut membuat padi yang baru ditanam rusak batang hingga daunnya.

"Kami kembali dua kali tanam padi akibat serangan keong mas itu," ujar Samian, Minggu (22/11).

Kondisi itu juga dialami sejumlah petani di Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Serangan hama keong mas tepatnya terjadi di persawahan Blok Sentral Rangkasbitung.

"Padi yang baru ditanami mengalami kerusakan bagian batang dan daun. Kami merasa bingung mengatasi serangan hama keong mas itu," imbuh pria berusia 55 tahun itu.

Pihaknya kini kesulitan untuk mengatasi serangan hama keong mas dan berharap bantuan Dinas Pertanian dan Perkebunan setempat. Apabila, serangan hama keong mas itu tidak diatasi, dikhawatirkan berdampak terhadap produksi dan produktivitas pangan.

Baca juga: Petani Tebar Kulit Pisang Cegah Hama Keong Mas

Saat ini, para petani di wilayah itu terpaksa menyingkirkan sendiri keong mas yang menyerang tanaman padi di sawah mereka.

"Kami berharap, dinas pertanian dapat membantu petani dalam menyingkirkan hama keong mas yang menyerang tanaman padi sawah mereka," tuturnya.

Begitu juga Ahmad, 50, seorang petani warga Desa Rangkasbitung Timur, Kabupaten Lebak, mengatakan tanaman padi yang baru ditanam itu diserang hama keong mas.

Kebanyakan lahan persawahan di sini diserang hama keong mas, sehingga petani harus kembali menanam padi.

"Kami berharap Distanbun setempat dapat mengatasi serangan hama keong mas itu," ungkapnya.

Kepala Distanbun Kabupaten Lebak Rahmat Yuniar mengatakan pihaknya memerintahkan kepada petugas perlindungan tanaman agar melakukan peninjauan di lapangan untuk membasmi serangan hama keong mas itu.

"Kami akan membantu dengan memberikan pertisida untuk membasmi hama keong mas yang menyerang tanaman padi itu," ucap Rahmat.(Ant/OL-5)

Baca Juga

MI/Rudi Kurniawansyah

Setelah Istri, Gubernur Riau Terkonfirmasi Positif Covid-19

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Selasa 01 Desember 2020, 18:40 WIB
GUBERNUR Riau Syamsuar dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 setelah sehari sebelumnya Misnarni, istri Syamsuar dinyatakan...
MI/Lilik Darmawan

Pembangunan Bandara JB Soedirman Purbalingga Tinggal 25%

👤Lilik Darmawan 🕔Selasa 01 Desember 2020, 17:35 WIB
PROGRES pembangunan Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman di Wirasaba, Purbalingga, Jawa Tengah telah mencapai 75% atau tinggal 25%...
MI/Andri Widiyanto

Perayaan Natal di Palangka Raya Boleh Dilaksanakan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 01 Desember 2020, 17:21 WIB
Setiap jemaat yang beribadah di gereja menggunakan masker dan menyiapkan fasilitas cuci tangan disertai sabun serta menyiapkan "hand...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya