Kamis 29 Oktober 2020, 14:15 WIB

Pemkab Sukabumi mulai 11/11 Larang Penggunaan Kantong Plastik

Benny Bastiandy | Nusantara
Pemkab Sukabumi mulai 11/11 Larang Penggunaan Kantong Plastik

Dok.MI
PEMKAB Sukabumi, Jawa Barat, melarang penggunaan kantong plastik mulai 11 November 2020.

 

PEMKAB Sukabumi, Jawa Barat, berkomitmen mengurangi penggunaan kantong plastik yang akan diberlakukan menyeluruh di semua pusat perbelanjaaan maupun toko retail dan toko modern. Rencananya, aturan tersebut akan diberlakukan mulai 11-11 (November) 2020.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi, Denis Eriska, mengatakan dasar hukum pemberlakuan regulasi itu mengacu pada Peraturan Bupati Sukabumi Nomor 80/2019 tentang Pengelolaan Kebersihan Melalui Gerakan Sukabumi Bersih, Tertib, dan Asri (Bestari). Di dalam regulasi itu disebutkan, penerapan larangan penggunaan kantong plastik berlaku 1 tahun setelah Perbup Nomor 80/2019 ditetapkan.

"Perbup-nya ditetapkan pada 11 November 2019 lalu. Maka, aturan pelarangan penggunaan kantong plastik di semua pusat pertokoan modern di Kabupaten Sukabumi berlaku mulai 11 November 2020," kata Denis, Kamis (29/10).

Saat ini, lanjut Denis, regulasinya masih terus disosialisasikan kepada pengelola atau pemilik pusat pertokoan modern, retail, dan sejenisnya. Di setiap pusat perbelanjaan seperti swalayan atau toko modern tidak akan menyiapkan kantong plastik belanja.

"Jadi, setiap konsumen nantinya harus membawa sendiri kantong ramah lingkungan dari rumah," ujarnya.

Sosialisasi juga dilakukan melalui media berupa papan imbauan ataupun banner. Denis menegaskan, bagi pengelola yang melanggar ketentuan bakal dijerat konsekuensi aturan.

"Bentuknya bisa sanksi administrasi ataupun denda yang disesuaikan aturan pada perbup," jelasnya.

Larangan pengurangan penggunaan kantong plastik bertujuan menekan timbuman sampah plastik yang dibuang ke TPS maupun TPAS. Pasalnya, sampah plastik bisa menimbulkan masalah lingkungan karena diperlukan waktu yang sangat lama untuk mengurainya.

"Pusat perbelanjaan maupun toko modern harus beralih untuk mencari alternatif pengganti kantong plastik. Bahan-bahan pengganti plastik nanti harus ramah lingkungan atau bisa diganti dengan bioplastik,"  pungkasnya. (OL-13)

Baca Juga: Pemkot Banjarmasin Larang Penggunaan Kantong Plastik

Baca Juga

DOK MI

Karawang Tinggkatkan Frekuensi Operasi Yustisi Prokes

👤Cikwan Suwandi 🕔Rabu 02 Desember 2020, 19:22 WIB
Tim Satgas yang terdiri dari aparat gabungan TNI/Polri, Satpol PP, Dishub, Dinkes dan BPBD kini menggelar operasi yustisi empat kali dari...
DOK IKP KOMINFO BABEL

Gubernur Erzaldi Tinjau Lokasi Sawah Terendam Banjir di Desa Kepoh

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 02 Desember 2020, 19:21 WIB
Peninjauan ini dilakukan Gubernur Erzaldi untuk melihat kondisi 260 hektare persawahan yang pada November lalu dilanda...
ANTARA/FIKRI YUSUF

Bali Akhirnya Kembali Inflasi di November 2020

👤Arnoldus Dhae 🕔Rabu 02 Desember 2020, 19:15 WIB
"Secara tahunan, inflasi Bali tercatat sebesar 0,81% (yoy), juga lebih rendah dibandingkan dengan nasional yang sebesar 1,59%...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya