Selasa 27 Oktober 2020, 03:00 WIB

Medan Masih Bergelut dengan Persoalan Sampah

Mediaindonesia.com | Nusantara
Medan Masih Bergelut dengan Persoalan Sampah

MI/Yoseph Pencawan
Normalisasi drainase di Kota Medan menemukan aneka sampah yang menyebabkan banjir.

 

Penanganan sampah di Kota Medan dinilai masih belum maksimal, yang dibuktikan dengan masih banyaknya sampah dijumpai di sejumlah titik, baik di pinggir jalan, permukiman warga maupun parit dan sungai.

Pengamat sosial Universitas Sumatera Utara (USU) Fikarwin Zuska di Medan, Senin (26/10), mengatakan hingga kini masalah sampah di Medan belum ditangani dengan serius. Tak ada perubahaan yang signifikan dari pemerintahan sebelum-sebelumnya dalam penanganan sampah.

"Buktinya, sampai sekarang masih banyak warga yang mengeluh soal sampah. Masih banyak juga kita lihat sampah di pinggir jalan," katanya.

Dia mengatakan, kunci penyelesaian masalah sampah di Medan ada di tangan pemerintah, namun sejauh ini, pemerintah daerah setempat belum maksimal dalam bekerja.

Masih banyak permukiman warga yang tak memiliki tempat pembuangan sampah. Dengan kekurangan fasilitas seperti itu, tak heran jika masih dijumpai warga yang membuang sampah di pinggir jalan, parit maupun ke sungai.

"Kita kan sering lihat ada orang pakai sepeda motor atau mobil, buang sampah di pinggir jalan-jalan tertentu," ungkapnya.

Dia menilai, Pemkot Medan kalah jauh dari kota-kota besar lainnya di Indonesia, terutama dari Surabaya. Di sana, sampah yang sebelumnya jadi masalah, justru menjadi sumber PAD. Sementara di Medan, lebih dari 500.000 ton sampah per tahun hanya berakhir di TPA tanpa menghasilkan apa-apa. Hanya sebagian kecil dari angka itu yang diserap oleh bank sampah yang dikelola masyarakat.

"Ini menandakan bahwa pemimpin kita belum kreatif dan inovatif dalam mengelola sampah. Jika dibiarkan terus begini, akan ada banyak masalah yang timbul, misalnya banjir dan masalah kesehatan," katanya. (OL-12)

Baca Juga

MI/Rudi Kurniawansyah

Kolaborasi KPK-BPN-PLN Riau Selamatkan Aset Tanah Senilai Rp110,7M

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Selasa 19 Januari 2021, 23:10 WIB
Kepala Kanwil ATR/BPN Riau Syahrir mengatakan pihaknya memberikan apresiasi kepada PT PLN (Persero) atas sinergi ini sehingga sertifikat...
Antara

Hukuman Jerinx Didiskon 4 Bulan dalam Putusan Banding

👤Arnoldus Dhae 🕔Selasa 19 Januari 2021, 23:10 WIB
Hukuman Jerinx, drumer band Superman Is Dead mendapat keringanan 4 bulan dalam putusan Pengadilan Tinggi,...
Dok. Andi Bansuhari Mappasompa

Kelebihan Listrik Sumsel Disalurkan untuk Jambi dan Lampung

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Januari 2021, 23:09 WIB
Sumsel memiliki kelebihan energi listrik sekitar 450...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya