Minggu 25 Oktober 2020, 16:50 WIB

Antispasi Bencana, BPBD Sukabumi Tingkatkan Kemampuan Personel

Benny Bastiandy | Nusantara
Antispasi Bencana, BPBD Sukabumi Tingkatkan Kemampuan Personel

ANTARA
Banjir bandang rawang terjadi di Sukabumi, Jawa Barat.

 

KOTA Sukabumi, Jawa Barat merupakan salah satu daerah rawan gempa karena berada di Sesar Cimandiri. Kondisi tersebut perlu diimbangi dengan peningkatan kemampuan personel penanggulangan bencana saat terjadi gempa maupun kebakaran.

"Perlu kita sadari bahwa di Kota Sukabumi itu tren pembangunannya bersifat vertikal. Artinya, bangunan gedung yang bertingkat-tingkat. Hotel, objek-objek vital lainnya, bahkan pusat-pusat pemerintahan dan pusat perbelanjaan merupakan gedung bertingkat," kata Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi, Zulkarnain Barhami, beberapa waktu lalu.

Fenomena itu, kata Zulkarnain, perlu disikapi dengan adanya upaya meningkatkan kapasitas dan kemampuan personel penanggulangan bencana jika sewaktu-waktu terjadi gempa bumi maupun kebakaran. Drill vertical rescue merupakan salah satu upaya penanganan yang dititikberatkan kepada cara melakukan penyelamatan dan pencarian korban di tempat tinggi atau gedung bertingkat saat terjadi gempa maupun kebakaran.

"Berbicara potensi, ancaman untuk gempa bumi dan kebakaran relatif cukup tinggi di Kota Sukabumi. Trennya tahun ini dibanding tahun sebelumnya memang turun. Tapi dilihat dari nilai kerusakan akibat intensitas gempa, kelihatannya meningkat. Hal ini ditandai dengan semakin meningkatnya nilai kerugian yang ada ketika terjadi bencana hasil rekap kita selama setahun," beber Zulkarnain.

Ia menyebutkan potensi ancaman gempa bumi seperti yang dirilis dalam Indeks Risiko Bencana Indonesia, di Kota Sukabumi tergolong tinggi. Semua wilayah di Kota Sukabumi yang secara administratif terbagi ke dalam 7 kecamatan. "Semua wilayah di Kota Sukabumi rawan berpotensi gempa bumi," pungkasnya. (R-1)

Baca Juga

MI/Gabriel Langga

Satgas Covid Sikka Mulai Tertutup kepada Wartawan

👤Gabriel Langga 🕔Jumat 22 Januari 2021, 21:50 WIB
SATGAS Covid-19 Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, mulai tertutup kepada wartawan. Padahal semula,sangat terbuka memberikan informasi...
DOK MI

Wakil Wali Kota Kupang Positif Covid-19

👤Palce Amalo 🕔Jumat 22 Januari 2021, 21:11 WIB
Wakil Wali Kota Kupang positif...
Dok Lion Parcel

Bantuan Bagi Korban Gempa di Mamuju dan Majene Terus Mengalir

👤Widhoroso 🕔Jumat 22 Januari 2021, 21:02 WIB
Bantuan bagi korban gempa di Mamuju dan Majene terus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya