Selasa 08 September 2020, 18:15 WIB

Resahkan Warga, Buaya Liar di Sungai Deli Ditangkap Petugas BBKSDA

Muhammad Fauzi | Nusantara
Resahkan Warga, Buaya Liar di Sungai Deli Ditangkap Petugas BBKSDA

Antara
Buaya muara di sungai Deli, Sumut yag meresahkan warga berhasil ditangkap petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam.

 

PETUGAS Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara berhasil menangkap seekor buaya muara (Crocodylus Novaeguineae) liar di Sungai Deli, Desa Kedai Durian, Kabupaten Deli Serdang.

Kepala BBKSDA Sumut Hotmauli Sianturi, di Medan, Selasa (8/9), mengatakan buaya yang diamankan itu berjenis kelamin jantan, diperkirakan masih remaja, panjang tubuh 1,62 cm, dan kondisinya dalam keadaaan sehat.

Ia menyebutkan penangkapan satwa tersebut dilakukan pada Sabtu (5/9) dini hari sekitar pukul 01.20 WIB, dan selanjutnya dilakukan evakuasi dan diserahkan ke BBKSDA Sumut.

"Untuk pemeriksaan kesehatan serta penanganan lebih lanjut buaya muara tersebut kemudian dititipkan ke Lembaga Konservasi Mitra/Binaan BBKSDA Sumut, R Zoo & Park, di Desa Bengabing, Kecamatan Pegajahan, Kabupaten Serdang Bedagai," katanya.

Hotmauli menjelaskan, buaya tersebut pertama kali ditemukan warga Dusun 4 Gang Keluarga, Desa Kedai Durian sedang berkeliaran di Sungai Deli, dan tidak berapa jauh dari permukiman penduduk.

Warga yang merasa resah melaporkan temuan buaya itu kepada BBKSDA Sumut, dan dilakukan koordinasi dengan pemerintahan desa dan pihak-pihak terkait.

Petugas BBKSDA Sumut mengadakan sosialisasi kepada masyarakat agar berhati-hati melakukan aktifitas di sekitar sungai, serta memasang jerat dengan membuat umpan anak bebek untuk memancing buaya tersebut.

"Sedangkan Pemerintah Desa Kedai Durian juga memasang papan pengumuman dilarang mandi di Sungai Deli Dusun IV, Desa Kedai Durian karena ada buaya liar," demikian Hotmauli Sianturi. (Ant/OL-13)

Baca Juga: Dalam 10 Tahun Konflik Manusia dan Satwa Liar Meningkat di Aceh

 

Baca Juga

MI/Heri S

Sempat Anjlok, Produksi Susu Sapi Segar di Sidoarjo Naik Perlahan Pasca-PMK

👤Heri Susetyo 🕔Jumat 20 Mei 2022, 12:26 WIB
Karena wabah PMK, produksi susu segar anjlok sekitar 90%. Namun kini sejumlah sapi kondisinya sudah membaik dan produksi susu segar...
MI/Ignas Kunda

Sanggar Seni SRC SMP 3 Boawae Ruang Ekspresi Anak

👤Ignas Kunda 🕔Jumat 20 Mei 2022, 11:45 WIB
SEJUMLAH siswa di SMP Negeri 3 Boawae, Watugase, Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur, mengadakan pagelaran seni dan budaya dalam rangka...
MI/Dwi Apriani

Sinergi Pemkab dan SKK Migas, Tingkatkan SDM Lewat MVC

👤Dwi Apriani 🕔Jumat 20 Mei 2022, 11:25 WIB
SEBAGAI upaya meningkatkan sumber daya manusia, Pemkab Muba bersama SKK Migas Perwakilan Sumbagsel kembali membuka Muba Vocational Centre...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya