Kamis 03 September 2020, 04:45 WIB

Birokrat Didapuk Gantikan Risma

FL/AS/SS/YH/PO/BB/N-3 | Nusantara
Birokrat Didapuk Gantikan Risma

ANTARA FOTO/Moch Asim
Pasangan bakal calon Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi (kiri) dan bakal calon Wakil Wali Kota Surabaya Armuji menyampaikan sambutan.

 

MENCARI pengganti Tri Rismaharini di Surabaya bukan persoalan mudah. Sampai-sampai, untuk kota terbesar kedua di Indonesia itu, PDI Perjuangan harus mengumumkan calon yang diusungnya pada gelombang kelima.

Kemarin, akhirnya PDIP sudah memutuskan nama sang pengganti, yakni Eri Cahyadi. Seperti Risma dulu, Eri bukan kader partai. Ia merupakan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya.

Eri akan didampingi kader PDIP Armuji. Pria ini masih tercatat sebagai anggota DPRD Jawa Timur.

"Saya bersyukur bisa ikut dalam kontestasi untuk meneruskan langkah Tri Rismaharini. Bersama Mas Eri, kami bertekad meneruskan perjuangan Bu Risma," ujar Armuji di Surabaya.

Setelah nama pasangan ini dipilih DPP PDIP untuk maju di Surabaya, Eri-Armuji menyambutnya dengan menggelar deklarasi di Taman Harmoni. Risma hadir dan ikut memberi dukungan.

Di Jawa Tengah, tarik ulur dukungan PDIP juga masih terjadi di Kabupaten Rembang dan Kota Pekalongan. Kemarin, partai ini hanya memberikan rekomendasi pasangan calon yang didukung untuk 19 daerah.

"PDIP belum memutuskan pasangan yang akan diusung untuk Rembang dan Pekalongan. Hari ini, kami menyerahkan dukungan untuk 19 pasangan di kabupaten dan kota," papar Sekretaris DPD PDIP Jateng Bambang Kusriyanto.

Sugianto Sabran

Petahana Sugianto Sabran jadi pilihan NasDem di Kalimantan Tengah. Ia akan berpasangan dengan Edy Pratowo.

"Pilihan ini sudah melalui tahapan dan proses penjaringan yang panjang. Kami juga sudah melakukan survei terhadap nama-nama yang potensial," ungkap Ketua NasDem Kalteng, Faridawaty Darlan Atjeh.

Di provinsi ini, NasDem meraih 5 kursi di DPRD. Karena itu, mereka memilih berkoalisi dengan Golkar yang mendudukkan kadernya, Edy Pratowo, mendampingi petahana.

Seorang jenderal polisi akan menghangatkan pilkada di Sumatra Barat. Ia ialah Fakhrizal, mantan kapolda di provinsi itu.

Fakhrizal mendapat dukungan dari NasDem untuk berpasangan dengan Genius Umar, yang saat ini ialah Wali Kota Pariaman.

Sementara itu, pasangan politikus-birokrat didapuk NasDem untuk bersaing di Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur. Mereka ialah Kristiana Muki, anggota DPR RI yang akan berpasangan dengan Yosef Tanu, yang saat ini menjabat Kepala Bagian Umum Pemkab Timor Tengah Utara.

"Dari hasil survei yang kami lakukan, pasangan ini memiliki elektabilitas sangat tinggi, terutama Kristiana. Karena itu, NasDem optimistis pasangan ini berpeluang memenangi pilkada," ujar Sekretaris NasDem NTT, Alexander Ofong.

Kristiana merupakan istri Bupati Timor Tengah Utara, Raymundus Fernandes, yang masa jabatannya berakhir tahun ini. NasDem bisa mengusung pasangan ini tanpa koalisi karena mengantongi 8 kursi di DPRD, lebih dari syarat minimal partai pengusung 6 kursi.

Kristiana merupakan calon kepala daerah perempuan pertama yang maju di kabupaten ini. "Kami membuat sejarah. Pemimpin perempuan akan segera lahir di Timor Tengah Utara sejak Indonesia merdeka," tambah Alexander. (FL/AS/SS/YH/PO/BB/N-3)

Baca Juga

medcom.id

Hati-hati, Covid-19 Dapat Memicu Munculnya Gangren

👤Agus Utantoro 🕔Sabtu 06 Maret 2021, 10:40 WIB
Gangrene adalah kondisi jaringan tubuh yang mati akibat tidak mendapat cukup pasokan darah atau akibat infeksi bakteri yang...
ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Guguran Lava Pijar Gunung Merapi Masih Terjadi

👤Agus Utantoro 🕔Sabtu 06 Maret 2021, 08:34 WIB
Pada pengamatan pukul 00.00-06.00 WIB hari Sabtu (6/3), teramati pula 13 kali guguran lava...
Dok: medcom.id

50 Pasien Covid-19 di Klaten Sembuh, Positif Bertambah 33 Orang

👤Djoko Sardjono 🕔Sabtu 06 Maret 2021, 08:10 WIB
Hingga saat ini, jumlah akumulatif kasus terkonfirmasi positif covid-19 yakni 5.878...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya