Selasa 25 Agustus 2020, 15:56 WIB

ASN Purbalingga Dikerahkan untuk Beli Produk Petani Setempat

Lilik Darmawan | Nusantara
ASN Purbalingga Dikerahkan untuk Beli Produk Petani Setempat

ANTARA FOTO/Anis Efizudin
Ilustrasi: Sejumlah pengunjung berbelanja sayuran di Pastakaran (Pasar Tani Pekarangan) di komplek perkantoran Dinas Peternakan Temanggung

 

APARATUR sipil negara (ASN) di Purbalingga, Jawa Tengah, dikerahkan untuk membeli produk petani setempat. Pasalnya, sejumlah komoditas pertanian harganya anjlok pada saat pandemi seperti sekarang.

Kepala Dinas Pertanian (Dinpertan) Purbalingga Mukodam mendorong ASN di Purbalingga untuk membeli hasil produk pertanian agar harga terdongkrak naik.

"Saat sekarang harga produk pertanian sedang anjlok, karena melimpahnya stok. Memang, kini tengah memasuki panen raya, sehingga harga sayuran sangat rendah. Karena itulah, untuk mendongkrak harga, kami meminta kepada ASN di Purbalingga untuk membeli produk pertanian," kata Mukodam, Selasa (25/8).

Baca juga: Harga Anjlok, Pedagang dan Petani Sayuran di Pati Resah

Selain tengah panen raya, lanjut Mukodam, masa pandemi juga memengaruhi konsumsi masyarakat. Daya beli warga mengalami penurunan, sehingga hal itu juga memicu turunnya harga komoditas pertanian, khususnya sayuran.

"Jadi, ada dua sentra penghasil sayuran di Purbalingga yakni di Kecamatan Karangreja dan Karangjambu. Dengan mengerahkan ASN, maka akan membantu pemasaran serta kesadaran konsumsi produk lokal tetap terjaga," ungkapnya.

Mukodam mengatakan, para petani telah membuat paket dengan harga per satuan paket Rp5 ribu.

"Dengan Rp5 ribu, maka warga bisa mendapatkan sayuran jenis buncis, kol, tomat, dan lainnya. Selain itu, ke depan, kami juga akan membantu petani untuk menyiapkan paket cabai pada saat panen raya yang kerap juga mengalami fluktuasi harga," pungkasnya.(OL-5)

Baca Juga

MI/Jamaah

Perajin Piala di Kudus Banjir Order di HUT RI ke 77

👤Jamaah 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 08:29 WIB
KAMPUNG perajin piala yang berlokasi di Dusun Ledok, Desa Demangan, Kota, Kudus, Jawa Tengah, kebanjiran order menjelang peranyaan HUT...
Dok. AAJI

AAJI Gelar Seminar Motivasi dan Beri Penghargaan Agen Asuransi Berprestasi

👤Ruta Suryana 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 07:46 WIB
“Melalui ajang TAA AAJI ke-35 ini juga diharapkan dapat mengembalikan dan meningkatkan gaung asuransi jiwa kepada masyarakat...
MI/HO

Gobel Minta Pemda Serius Majukan Ekonomi Kawasan Perbatasan

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 04:15 WIB
Gobel berkunjung ke Provinsi Kalbar dalam rangka kunjungan ke PLBN di Aruk, Sambas dalam kapasitasnya sebagai ketua Timwas Perbatasan DPR...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya