Jumat 21 Agustus 2020, 08:27 WIB

Usai Resepsi, Pasangan Pengantin Positif Covid-19

Kristiadi | Nusantara
Usai Resepsi, Pasangan Pengantin Positif Covid-19

ANTARA FOTO/Syaiful Arif
Pengantin melaksanakan ijab kabul dalam simulasi resepsi pernikahan di era normal baru dengan protokol kesehatan di Kabupaten Jombang.

 

SEBANYAK enam orang dinyatakan positif covid-19 usai menggelar resepsi pernikahan di Desa Cimerak, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Minggu (16/8). Enam orang ini adalah pasangan pengantin, orang tua pengantin pria yang datang dari Halmahera, Maluku Utara, dan dua orang lainnya merupakan kerabat. Salah satunya anak berusia 7 tahun.

Juru bicara gugus tugas percepatan covid-19 Kabupaten Pangandaran Yani Achmad Marzuki mengatakan, resepsi pernikahan yang digelar di Kecamatan Cimerak menjadi klaster penyebaran wabah virus korona. Mereka tertular dari pengantin pria berasal dari Halmahera, Maluku Utara.

"Pengantin pria sempat mendapat perawatan di sebuah klinik di Kecamatan Cimerak dengan gejala batuk dan sesak nafas. Ia langsung dirujuk ke RSUD Pandega, Kabupaten Pangandaran dan menjalani swab test hingga hasilnya dinyatakan positif," kata Achmad Marzuki, Jumat (21/8).

Yani menambahkan pengantin pria ini sebelum datang ke Kabupaten Pangandaran sudah menjalani rapid test dua kali di pelabuhan dan hasilnya negatif. 

"Setelah menjalani resepsi, pengantin laki-laki itu mengalami gejala sesak nafas dan batuk hingga pasien sempat dirawat di klinik hingga akhirnya dirujuk ke RSUD Pandega. Namun, setelah didapati satu orang positif itu, petugas survailans langsung melakukan penelusuran terhadap warga dan menemukan 11 orang. Mereka telah menjalani swab test hingga hasilnya ditemukan lima orang dinyatakan positif. Mereka adalah orang tua pengantin pria, pengantin perempuan, dan seorang anak berusia 7 tahun," kata Yani Achmad.

baca juga: Penularan Covid-19 di Kalsel masih Tinggi

Yani menduga virus korona itu yelah dibawa oleh pengantin laki-laki sejak dari Halmahera menuju Pangandaran dan menyebar saat berada di resepsi pernikahan. Pihaknya akan menelusuri siapa saja yang sudah kontak erat dengan pasien positif covid-19 itu.

"Kami sudah berkoordinasi dengan camat,kegiatan resepsi pernikahan di Kecamatan Cimerak supaya ditiadakan. Jika ada keluarga melakukan resepsi pernikahan di wilayah lain masih bisa tetapi harus menerapkan protokol kesehatan.Saat ini data gugus tugas percepatan penanganan Covid-19di Kabupaten Pangandaran terdapat 40 kasus terkonfirmasi positif, 29 di antaranya dinyatakan sembuh dan 11 orang masih menjalani perawatan," paparnya. (OL-3)


 

Baca Juga

Dok. Pribadi

Kader PPP Miliki Kesempatan Sama Maju di Muswil Sumatra Utara

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 16 Mei 2021, 23:15 WIB
"Saya sudah berbicara dengan Ketum (Suharso Monoarfa) agar Sumut menjadi contoh muswil yang aman dan lancar, tidak ada calon titipan...
MI/Widjajadi

Stok Plasma Konvalesen Kosong, PMI Surakarta Ajak Donatur Berdonor

👤Widjajadi 🕔Minggu 16 Mei 2021, 19:19 WIB
PMI Kota Solo menyerukan para pendonor plasma konvalesen (PK) bisa aktif kembali, seiring habisnya stok plasma konvalesen per 15 Mei 2021....
Dok. Humas Pemkab Gowa

Pemkab Gowa Perketat Akses Masuk ke Wisata Alam Malino

👤Lina Herlina 🕔Minggu 16 Mei 2021, 19:15 WIB
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, upaya memperketat wisatawan yang masuk ini dalam rangka menghindari munculnya klaster baru...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Optimalkan Potensi Zakat, Ekonomi Bergerak

Berdasarkan data outlook zakat Indonesia pada 2021 yang dipublikasikan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), potensi zakat Indonesia mencapai Rp327,6 triliun.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya