Senin 22 Juni 2020, 22:55 WIB

Bantu Jatim Lawan Covid-19,Sido Muncul Donasikan 1.500 JSH Herbal

Syarief Oebaidillah | Nusantara
Bantu Jatim Lawan Covid-19,Sido Muncul Donasikan 1.500 JSH Herbal

Dok. Sido Muncul
Jatim terima donasi JSH Herbal dari Sido Muncul

 

JAWA Timur menjadi salah satu epicenter penyebaran Covid-19 di Indonesia dengan kasus positif dan pasien meninggal dunia yang terus bertambah. Fakta itu mendorong Sido Muncul untuk ikut membantu Pemerintah Provinsi Jatim melawan Covid-19.

Sido Muncul mendonasikan 1.500 botol JSH herbal yang punya khasiat untuk meningkatkan imunitas pasien terkait Covid-19 bagi Pemprov Jatim. Khasiat JSH Herbalal setidaknya telah dibuktikan pada pasien berstatus orang dalam pemantauan (ODP) di Jawa Tengah.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yang menerima bantuan tersebut mengapresiasi upaya Sido Muncul. Menurutnya, setiap bantuan dari berbagai pihak, memberikan semangat baru pihaknya untuk menanggulangi dampak Covid-19 di Jatim.

"Adanya dukungan dari berbagai pihak memberi semangat kepada kami untuk terus bekerja keras menanggulangi pandemi ini," ujar Khofifah

Khofifah yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU ini menyebut Jatim sedang mempersiapkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Perlindungan Obat Tradisional. Raperda ini dibahas karena di tengah pandemi Covid-19, obat tradisional atau herbal terbukti memiliki efektivitas membangun imunitas tubuh dan memberikan keyakinan pasien ODP dan PDP maupun yang positif terinfeksi Covid-19 untuk sembuh.

"Raperda tersebut sudah masuk dalam pembahasan dewan pekan lalu," katanya.

Khofifah menambahkan, telah membahas dengan Menkes RI dan Kepala Gugus Tugas Pusat terkait banyaknya produk herbal yang bisa meningkatkan imunitas tubuh melawan Covid-19. Menurutnya, Jatim sangat mendukung keberadaan obat herbal. Saat ini di RSUD dr Soetomo Surabaya telah tersedia unit rawat jalan obat tradisional Indonesia.

Baca juga : Maklumat Tebuireng Peran Tokoh Agama Patuhi Protokol Kesehatan

"Bahkan Fakultas Kedokteran Umum (FKU) Universitas Airlangga Surabaya sudah memiliki program D3 untuk Prodi Pengobatan Tradisional (Batra). Keberadaan prodi ini mempersiapkan tenaga medis yang memiliki kemampuan memberikan pelayanan tradisional," tutur Khofifah.

Khofifah mengatakan, bantuan JSH Herbal Sido Muncul akan disalurkan kepada rumah sakit darurat dan jaringan rumah sakit TNI/Polri. Harapannya bisa meningkatkan imunitas tubuh para pasien yang tengah menjalani perawatan.

Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jatim Joni Wahyuhadi mengatakan, tak menutup kemungkinan JSH Herbal bisa digunakan untuk meningkatkan imunitas pasien Covid-19, termasuk yang berstatus orang tanpa gejala (OTG).

Presiden Komisaris PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, J. Sofjan Hidajat sekaligus sebagai penemu JSH Herbal yang inisial namanya dicantumkan sebagai merek herbal, menjelaskan, bantuan tersebut sebagai bentuk kepeduliannya untuk membantu warga Jawa Timur dalam meningkatkan imunitas tubuh dan menekan korban Covid-19.

Sofjan menyebut JSH Herbal sudah diteliti selama 5 tahun dan telah disalurkan kepada para pasien Covid-19 di RS Wisma Atlet Jakarta, RS darurat di Semarang dan Salatiga serta Boyolali. Selain juga kepada para tenaga medis yang sangat rentan tertular Covid-19 ini.

"Mereka juga kita bantu JSH Herbal untuk ketahanan imun karena mereka berada di lini terdepan penanganan korban covid dan mereka mengatakan sangat terbantu ," ujar Sofian. (OL-7)

Baca Juga

Antara

Covid-19 Masih Naik, Jateng Tetap Gelar PTM 100 Persen

👤Akhmad Safuan 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 23:46 WIB
KASUS covid-19 di berbagai daerah di Jawa Tengah kembali meningkat dan kini telah mencapai 1.555 warga dirawat di rumah sakit maupun...
dok.ist

Nelayan Sulsel Dukung Ganjar Presiden 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 21:56 WIB
TERIKNYA mentari di pesisir Matene tak menggoyahkan semangat komunitas nelayan di Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Sulsel menyatakan dukungan...
DOK MI.

Junjung Netiket, Jadi Pejuang Antihoaks

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 21:15 WIB
Di antara netiket yaitu kompetensi mengakses informasi sesuai netiket serta menyeleksi dan menganalisis informasi saat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya