Sabtu 30 Mei 2020, 05:50 WIB

Bank BJB Layani Bayar PKB via Bukalapak dan Indomaret

(RO/N-1) | Nusantara
Bank BJB Layani Bayar PKB via Bukalapak dan Indomaret

ANTARA FOTO/FB Anggoro/ama
Sejumlah warga menggunakan layanan mobil Samsat Keliling di Kota Pekanbaru, Riau

 

BANK BJB bekerja sama dengan Tim Pembina Samsat Kepulauan Riau (Kepri) mengembangkan inovasi cara pembayaran pajak tahunan kendaraan dengan membuka layanan pembayaran via Indomaret dan Bukalapak. Inovasi ini menambah channel pembayaran pajak yang selama ini telah dimiliki Samsat Kepri.

Dengan hadirnya layanan baru ini, para wajib pajak dapat membayar pajak kendaraan bermotor (PKB) di daerah hukum Polda Kepri secara elektronik melalui aplikasi bayar pajak Kepri, website Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah, gerai Indomaret, dan Bukalapak. Selain PKB, juga ada pembayaran sumbang an wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan (SWDKLLJ) serta registrasi dan identifi kasi kendaraan bermotor.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary Bank BJB Widi Hartoto menuturkan inovasi tersebut merupakan bentuk dukungan Bank BJB terhadap optimalisasi pendapatan daerah. Dengan akses pembayaran pajak yang semakin mudah dan praktis, diharapkan akan semakin banyak wajib pajak yang memanfaatkan layanan ini dan pendapatan daerah terdongkrak.

"Kami berharap inovasiinovasi yang kami persembahkan, khususnya di sektor pembayaran pajak, dapat semakin mengakselerasi kinerja pendapatan daerah yang menjadi modal penting bagi pemerintah untuk menjalankan agenda-agenda pembangunan demi kesejahteraan masyarakat," kata Widi.

Pembayaran PKB di Bukalapak dan Indomaret dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi E-Samsat Kepri yang tersedia di Google Play Store untuk memperoleh kode bayar. Kode bayar ini diperlukan sebagai syarat pembayaran pajak di Indomaret dan Bukalapak.

Langkah pertama untuk mendapatkan kode bayar pada aplikasi E-Samsat Kepri ialah dengan memilih pembayaran melalui Bank BJB pada opsi menu. Setelahnya, masukkan nomor polisi kendaraan. Lalu, masukkan enam digit terakhir nomor rangka. Selanjutnya, kode bayar akan muncul. Setelah kode bayar di peroleh, pembayaran PKB dapat dilanjutkan melalui aplikasi Bukalapak ataupun Indomaret. Lalu, wajib pajak akan memperoleh bukti pembayaran.

Simpanlah bukti pembayaran kendaraan bermotor untuk mencetak surat ketetapan pajak daerah (SKPD) dan pengesahan STNK pada layanan Samsat yang tersebar di Kepri, berlaku selama dua bulan setelah pembayaran dilakukan. (RO/N-1)

Baca Juga

MI/Gabriel Langga

Satgas Covid Sikka Mulai Tertutup kepada Wartawan

👤Gabriel Langga 🕔Jumat 22 Januari 2021, 21:50 WIB
SATGAS Covid-19 Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, mulai tertutup kepada wartawan. Padahal semula,sangat terbuka memberikan informasi...
DOK MI

Wakil Wali Kota Kupang Positif Covid-19

👤Palce Amalo 🕔Jumat 22 Januari 2021, 21:11 WIB
Wakil Wali Kota Kupang positif...
Dok Lion Parcel

Bantuan Bagi Korban Gempa di Mamuju dan Majene Terus Mengalir

👤Widhoroso 🕔Jumat 22 Januari 2021, 21:02 WIB
Bantuan bagi korban gempa di Mamuju dan Majene terus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya