Sabtu 16 Mei 2020, 12:22 WIB

Cegah Banjir, Kodim Klaten Tanam Vertiver di Sungai Dengkeng

Djoko Sardjono | Nusantara
Cegah Banjir, Kodim Klaten Tanam Vertiver di Sungai Dengkeng

MI/Djoko Sardjono
Kegiatan penanaman vertiver di tanggul Sungai Dengkeng oleh Kodim 0723 Klaten, Jumat (15/5/2020)

 

KOMANDO Daerah Militer (Kodim) 0723 Klaten (Jateng) bersama Polres, pemerintah kabupaten, dan relawan melaksanakan kegiatan penanaman vertiver atau dikenal rumput akar wangi di tanggul Sungai Dengkeng, Desa Paseban, Kecamatan Bayat, Klaten, Jumat (15/5).

Penanaman vertiver di tanggul Sungai Dengkeng, yang dipimpin Dandim  Lekol (Kav) Minarso, bertujuan mencegah longsor di musim banjir. Aksi peduli sungai ini dihadiri Sekda Jaka Sawaldi, Ketua DPRD Klaten Hamenang Wajar Ismoyo, dan Wakapolres Kompol Adi Nugroho. Dalam kegiatan tersebut, Kodim 0723 Klaten, Polres, dan relawan juga  melakukan aksi bakti sosial pemberian nasi bungkus kepada warga  terdampak Covid-19 di Desa Paseban. Nasi bungkus itu dari dapur umum  yang didirikan Kodim, Polres, dan relawan di Posko MDMC Klaten.

Dandim 0723 Klaten Letkol (Kav) Minarso mengatakan, penanaman vertiver di tanggul Sungai Dengkeng, adalah bentuk kepedulian TNI dalam upaya penyelamatan dan pencegahan longsor tanggul di musim banjir. Kegiatan  ini juga langkah untuk pengurangan risiko bencana. Kegiatan penanaman vertiver ini merupakan aksi peduli bencana alam. 

Karena, longsor tanggul Sungai Dengkeng di Desa Paseban, Bayat, sering terjadi hingga menyebabkan banjir. Karena itu, tanggul perlu ditanami vertiver dan sementara ini baru sepanjang 250 meter.

"Jadi, walaupun saat ini terjadi bencana pandemi covid-19,  kita harus  tetap memperhatikan bencana alam lainnya, seperti banjir. Kami mengharapkan dengan penanaman rumput vertiver ini tanggul sungai tidak longsor lagi, sehingga dapat mengurangi bencana banjir," jelasnya.

baca juga: Karantina Selesai, Warga Desa Abuan Bangli Kembali Beraktivitas

Salah satu penggiat sekolah sungai, Arif Fuad Hidayah, menambahkan bahwa Sungai Dengkeng telah dilakukan normalisasi oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo. Sehingga penanaman rumput vertiver itu menjadikan tanggul sungai lebih kuat dan aman di musim banjir. (OL-3)

Baca Juga

ANTARA/Bayu Pratama

Kebijakan Satu Peta belum Diterapkan, Bencana pun Terus Berulang

👤Denny Susanto 🕔Senin 25 Januari 2021, 15:25 WIB
Bencana alam terus terjadi dan nyaris tidak pernah bisa dicegah. Daya dukung lingkungan yang merosot jadi...
MI/Palce Amalo

Longsor di Kupang, Dua Tewas dan 140 Orang Mengungsi

👤Palce Amalo 🕔Senin 25 Januari 2021, 15:11 WIB
Korban tewas adalah pasangan suami istri Paulus Takela, 35, dan Welmince Lakmau, 28, sedangkan anggota keluarga mereka, Jefri Lakmau dan...
MI/Kristiadi

Polisi Tetapkan 2 Tersangka Kasus Dana Hibah KONI Tasikmalaya

👤Kristiadi 🕔Senin 25 Januari 2021, 15:06 WIB
Setelah menetaokan Ketua Umum KONI berinisial ES, kini polisi kembali menetapkan dua tersangka lainnya yakni bendahara dan pemegang kas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya